Monday, 24 October 2016

Perang Ahzab (Perang Parit) - Biografi Lengkap Rasulullah SAW

Biografi Lengkap Rasulullah SAW, perang khandak, perang parit
Dengan keluarnya Bani Qainuqa dari Madinah, telah menimbulkan sakit hati di kalangan Bani Nadhir. Sejak saat itulah mereka telah menanti-nanti saat yang paling baik untuk membalas dendam kepada Nabi Muhammad. Dengan cara sembunyi-sembunyi, pada saat Nabi sedang berjalan-jalan di lorong mereka, hampir saja mereka berhasil membunuh Nabi. Rencana mereka tidak berhasil karena Nabi dapat mengetahui maksud mereka sehingga beliau terhindar dari bahaya.

(baca juga biografi Nabi sebelumnya : Perang Uhud - Biografi Lengkap Rasulullah SAW)

Perbuatan Bani Nadhir tersebut telah melanggar perjanjian yang telah dibuat bersama. Karena pelanggaran ini, sesuai dengan perjanjian itu, maka Nabi mengeluarkan perintah agar semua kaum Yahudi keluar dari kota Madinah, Tetapi, mereka menentang perintah ini karena merasa kuat dan mengharapkan bantuan Abdullah bin Ubay. Sesudah dikepung oleh tentara Islam, mereka menyerah. Akhirnya, mereka diusir keluar kota Madinah. 

Di antara mereka, sebagian besar mengungsi ke Khaibar sebagian lagi nenyebar ke berbagai tempat lain, tetapi seluruhnya telah dikoordinasikan oleh kaum Yahudi. 

Lalu, bergabunglah kekuatan Yahudi dengan kekuatan kafir Quraisy Mekah, ditambah orang-orang Arab Badui untuk bersama-sama menentang Islam. 

Pada bulan Syawwal tahun ke-5 Hijriah, pasukan gabungan yang terdiri dari 24 ribu orang bergerak menuju Madinah. Mereka bertekad hendak melancarkan serangan besar-besaran. Sekali serangan untuk yang terakhir. Sementara itu, di pihak Islam, hanya mempersiapkan pasukan sejumlah 2.000 orang. 

Rencana sekutu itu telah diketahui terlebih dahulu oleh Nabi. Dengan segera, Nabi bermusyawarah dengan para sahabatnya untuk menghalau serangan yang bakal dilancarkan itu. 

Salman Al-Farisi adalah orang yang banyak mengetahui seluk-beluk peperangan yang belum dikenal di daerah-daerah Arab. Ia mengusulkan supaya di sekitar Madinah digali parit dan keadaan kota diperkuat dari dalam. 

Usul ini segera dilaksanakan oleh kaum muslimin. Saat menggali parit, Nabi juga turun tangan. Beliau ikut mengangkat tanah dan terus member semangat, dengan menganjurkan kepada mereka supaya terus melipatgandakan kekuatan. 

Setelah pekerjaan penggalian selesai, anak-anak dan kaum wanita dipindahkan ke tempat yang lebih aman, untuk berjaga-jaga jika kaum Yahudi yang masih berada di dalam kota menyerbu kaum muslimin secara tiba- tiba. Semula pasukan gabungan mengira bahwa mereka dapat bertemu dengan pasukan kaum muslimin di Uhud, tetapi ternyata di tempat tersebut kosong. Kemudian mereka meneruskan perjalanannya. Tak lama kemudian tentara sekutupun tiba. Mereka terkejut oleh adanya parit, mereka heran sekali melihat jenis pertahanan yang asing bagi mereka. 

Selama satu bulan lamanya kota Madinah dikepung musuh. Selama pengepungan itu, kaum muslimin menderita kelaparan. Banyak tentara Islam yang takut dan khawatir, terlebih lagi karena pengaruh beberapa orang munafik dalam golongan mereka. 

Setelah lewat satu bulan, tentara musuh tak tahan lagi. Mereka menyerbu dengan melompati. parit yang agak sempit dengan kuda mereka. Peperangan pun tak dapat dihindarkan. Dalam peperangan itu, Ali bin Abu Thalib telah dapat membunuh Amr bin Abdu Wadd yang konon mampu menghadapi 100 orang. 

Begitu berat penderitaan yang dirasakan oleh kaum muslimin pada waktu itu. Mereka harus berperang menghadapi musuh-musuhnya dalam keadaan lapar. Hal ini dilukiskan dalam firman Allah sebagai berikut :
“(Yaitu) ketika mereka datang kepadamu dari atas dan dari bawahmu, dan ketika tidak tetap lagi penglihatan(mu) dan hatimu naik menyesak sampai ke tenggorokan.” (A1-Ahzab [33]: 10) 

Ayat di atas menggambarkan betapa hebatnya perasaan takut dan perasaan gemetar pada saat itu. Ditambah lagi perasan menderita di pihak kaum muslimin, setelah pimpinan baru Quraizhah, Ka’ab bin As’ad berkhianat, lari ke pihak musuh. Padahal. dia adalah orang yang mengetahui strategi pertahanan Nabi. 

Tiba-tiba, datanglah Nu’aim bin Mas’ud -salah seorang pemuka Yahudi- menghadap Nabi. Ia menyatakan diri masuk Islam atas kesadaran sendiri. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh Nabi untuk menghancurkan kekuatan musuh. Beliau mengutus Nuaim menemui musuh. Ia menghasut pemimpin Yahudi untuk tidak percaya kepada Quraisy, dan sebaliknya, menghasut pemimpin Quraisy agar tidak percaya kepada pemimpin Yahudi. Hal ini membuat barisan musuh mulai tidak percaya satu sama lain. Sehingga perpecahan di antara mereka tak dapat dielakkan lagi.

Dalam keadaan seperti itu datanglah angin topan yang bertiup kencang disertai hujan deras yang memporak-porandakan kemah-kemah pasukan gabungan itu. Inilah pertolongan Allah kepada kaum muslimin, sebagaimana disitir di dalam firman Allah :
“Dan Allah menghalau orang-orang yang kafir itu yang keadaan mereka penuh kejengkelan, (lagi) ,mereka tidak memperoleh keuntungan apa pun. Dan Allah menghindarkan orang-orang mukmin dari Peperangan. Dan Allah adalah Maha Kuat lagi Maha Perkasa.” (A1-Ahzab [33]: 25) 

Ayat tersebut rnengisyaratkan kepada kaum muslimin bahwa kaum muslimin tidak perlu berperang, karena Allah telah menghalau mereka dengan mengirimkan angin dan Malaikat. Pasukan gabungan itu pun mengundurkan diri dan kembali ke negeri masing-masing dengan tangan hampa. 

Setelah seluruh pasukan gabungan itu kembali pulang ke negeri mereka masing-masing, Nabi Muhammad mulai memikirkan keadaan yang mungkin terjadi pada kesempatan lain. Kali ini, Allah telah menyelamatkan umat Islam dari musuh yang selama ini mengancamnya. Sungguh pun demikian, pihak Yahudi dapat saja mengulangi kembali peristiwa semacam itu. Mereka dapat mencari kesempatan kembali untuk melakukan hal yang sama; tidak pada musim dingin yang begitu dahsyat seperti tahun ini; yang telah berubah wujud menjadi bantuan Allah dalam menghancurkan pihak musuh. 

Keberhasilan kaum muslimin dalam mematahkan serangan yang dilancarkan oleh pasukan gabungan yang jumlahnya begitu besar sangat menakjubkan suku-suku di sekitar Madinah yang kemudian dengan sukarela mereka bergabung dengan umat Islam. Sejak saat itulah, Islam tersiar dengan cepat di antara suku-suku yang berada di sekitar Madinah. 

Sesudah mengusir musuh dari dalam kota, kaum muslimin memutuskan untuk menghukum Bani Quraizhah yang membantu penduduk Mekah sewaktu menyerang Madinah. Kaum Yahudi memohon kepada Nabi agar nasib mereka diputuskan oleh Sa’ad bin Mu’adh, seseorang yang berasal dari kaum mereka sendiri. Nabi pun menunjuk Sa’ad untuk memutuskannya. 

Sa’ad merninta agar Bani Quraizhah mau bersumpah untuk tunduk atas putusan yang akan diambilnya. Keputusan yang diambil oleh Sa’ad adalah :
1) semua laki-laki Bani Quraizhah yang berkhianat harus dibunuh;
2) harta bendanya dibagi-bagikan; dan
3) anak-anak serta wanita-wanitanya ditawan. 

Keputusan Sa’ad dilaksanakanlah. Sebanyak 700 orang Bani Quraizhah dibunuh. Sejak saat itu, tamatlah riwayat bangsa Yahudi di Madinah.

Biografi Nabi Muhammad selanjutnya bisa dilihat dalam postingan berjudul : Perjanjian Hudaibiyah (Biografi Lengkap Rasulullah SAW)

Nabi Yusuf Dipenjara (Kisah Dalam Al-Quran)

bilik islam, kisah dalam al quran
Akhirnya Nabi Yusuf pun dijebloskan ke dalam penjara yang gelap dan sempit. Di dalam penjara, Beliau tidak berhenti beribadah kepada Allah. beliau pun sering memberikan nasihat kepada teman-temannya yang berada di penjara. 

Di sana, Nabi Yusuf menjalani kehidupan yang serba sulit. Namun, ia menjalaninya dengan hati tabah dan tawakal. Berbarengan dengan Nabi Yusuf, dipenjarakan juga dua orang pegawai istana dengan tuduhan hendak meracuni raja. Dua pegawai istana yang dipenjarakan tersebut adalah seorang penjaga gudang makanan dan seorang pelayan meja istana. 


Pada suatu pagi, datanglah kedua pemuda itu kepada Nabi Yusuf. Mereka mengatakan bahwa kemarin malam mereka telah bermimpi. Pelayan itu kemudian mengisahkan mimpinya. Dia seakan-akan melihat dirinya berada di tengah sebuah kebun anggur. Dia sedang memegang gelas. Gelas persis seperti gelas yang biasa digunakan oleh raja. Pemuda itu pun mengisi gelas itu dengan perasan anggur. 

Sementar itu, si penjaga gudang bermimpi memanggul sekeranjang roti di kepalanya. Namun, keranjang roti itu tiba-tiba disambar sekelompok burung. Burung-burung itu membawa keranjang pergi. Kedua pemuda itu berharap Nabi Yusuf dapat menjelaskan mimpi mereka. 

Nabi Yusuf tersenyum mendengar uraian kedua pemuda tadi. Beliau terdiam sejenak untuk memikirkan arti mimpi keduanya. 

“Aku dapat menerangkan arti mimpi kalian berdua. Akan tetapi, setelah itu, aku berharap kalian mau menyembah Allah dan tak lagi menyembah berhala.” 

“Baiklah, kami akan mengikuti apa kehendakmu asalkan engkau mengartikan mimpi kami,” ucap mereka berdua dengan yakin. 

“Arti mimpimu wahai Pemuda Pelayan, sebentar lagi engkau akan dikeluarkan dari penjara dan akan dipekerjakan kembali seperti sedia kala,” ucap Nabi Yusuf sambil menatap pelayan itu. Pemuda itu terharu dengan ucapan Nabi Yusuf. Hatinya pun gembira mendengar kabar itu. 

“Sedangkan engkau Penjaga Gudang, engkau akan dihukum mati dengan disalib.“Mendengar perkataan Nabi Yusuf, pemuda itu sangat sedih. Namun, Nabi Yusuf membesarkan hatinya dengan mengatakan bahwa ia akan selamat di akhirat nanti bila mengikuti kata-kata Nabi Yusuf untuk menyembah Allah dan meninggalkan berhala. Hati pemuda itu pun terhibur dengan nasihat beliau. 

“Wahai temanku, Pelayan Istana! Bila engkau sudah bebas nanti, jangan lupa engkau menceritakan tentangku. Aku dipenjara bukan karena bersalah, tapi karena ingin menyelamatkan nama keluarga kepala polisi. Jangan engkau lupakan pesanku” ucap Nabi Yusuf lagi. Pemuda itu pun mengangguk tanda mengerti. 

Tak lama setelah Nabi Yusuf mengartikan mimpi mereka berdua, keluarlah surat pengampunan untuk pelayan istana. Dia dibebaskan dan kembali bekerja sebagai pelayan istana. Sementara itu, pemuda penjaga gudang makanan dihukum mati. 

Rupanya, pelayan istana lupa dengan pesan Nabi Yusuf. Setelah bebas, dia tidak menceritakan tentang Nabi Yusuf sehingga tidak ada seorang pun yang mengetahui nasib beliau. 

Baca juga kisah dalam Al Quran selanjutnya yang berjudul : Mimpi Sang Raja (Kisah Dalam Al-Quran)

Perbedaan Antar Malaikat Dalam Postur (Ukuran) Dan Kedudukan

bilik islam
Malaikat tidak diciptakan dalam satu rupa dan ukuran. Sebagian antara mereka memiliki dua sayap, sedangkan Jibril memiliki 600 sayap. Dan di sisi Allah SWT, mereka memiliki kedudukan yang berbeda-beda yang telah diketahui. Allah SWT berfirman :
Artinya “Dan tidak satu pun diantara kami (malaikat) melainkan masing-masing mempunyai kedudukan tertentu.” (QS.Ash-Shaaffaat: 164). 

Allah Ta’ala berfirman tentang Jibril :
Artinya : Sesungguhnya (Al-Qur’an) itu benar-benar firman (Allah yang dibawa oleh) utusan yang mulia (Jibril), yang memiiki kekuatan, memiiki kedudukan tinggi disisi (Allah) Yang memiliki ‘Arsy, yang disana (dialam malaikat) Ia ditaati dan dipercaya. “(QS. At-Takwiir: 19-2 1).

Maksudnya, Jibril memiliki kedudukan yang tinggi dan mulia disisi Allah SWT. Dan termasuk Malaikat yang paling utama adalah Malaikat yang menghadiri (turut serta) dalam perang Badar. Disebutkan didalam Shahih al-Bukhari, dan Rifaah bin Raafi RA, bahwa Jibril mendatangi Nabi Muhammad SAW seraya berkata, “Bagaimana anggapan kalian atas orang-orang yang mengikuti perang Badar? “mereka adalah yang terbaik diantara kami.” Jawab Beliau. Jibril pun berkata, “Demikian juga malaikat yang mengikuti perang Badar, mereka disisi kami adalah malaikat-malaikat yang terbaik.”

Keutamaan Dan Khasiat Surat Al Qadr

khasiat surat al qadr

Bacaan surat Al Qadr : 


Bismillaahir rahmaanir rahiim.
1. Innaa anzalnaahu fi lailatil qadr.
2. Wa maa adraaka’maa lailatul qadr.
3. Lailarul qadri khairum min alfi syahr.
4. Tanazzalul malaaikatu war ruuhu fiihaa bi idzni rabbihim min kulli amr.
5. Salaamun hiya hattaa mathla’il fajr.

Artinya :
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
  1. Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur’an) pada malam kemuliaan.
  2. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?
  3. Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.
  4. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala arusan.
  5. Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar.

Mengenai keutamaannya banyak sekali sebagaimana yang telah dikatakan oleh Imam Ahmad bin Musa ketika beliau dimintai oleh seorang yang selalu dalam kesempitan rezeki. Maka beliau mengatakan agar diperbanyak membaca surat Al Qadr. 

Di antara keutamaan yang lain ialah : 

1. Untuk menghilangkan kesempitan rezeki

Caranya : Perbanyaklah membaca surat Al Qadr. Ulangilah berkali-k ali kapan saja dan di mana saja. Pusatkanlah pikiran pada waktu membaca untuk menghadap kepada Allah agar dengan berkah surat Al Qadr itu semua kesempitan dapat sirna dengan izin-Nya. Bacalah surat itu dalam keadaan suci agar lebih mendekatkan diri kepada Allah. Setelah cukup banyak membaca (menurut kemampuan sendiri-sendiri), lalu bacalah doa di bawah ini :


“Alláhumma yaa man huwa yaktafii ‘an jamii’i khalqihi wa laa yaktafii ‘anhu ahadun min khalqihi. Yaa ahada man laa ahada lahu inqatha’ar rajaau illaa minka, wa khaabatil aamaalu illaa fiika wa saddatit thuruqu illaa ilaika. Ya ghayyaatsul mustaghitsiin aghitsnii” (Bacalah “aghitsnii” sampai 7 kali). 

Artinya :
“Ya Allah. waai Zat yang cukup (tidak membutuhkan) dari semua makhluk-Nya, dan tidak cukup (sangat membutuhkan) dari pada-Nya seseorang dari makhluk-Nya. Wahai Zat yang Maha Esa, yang tidak ada seorang pun yang menyamai ke Esaan-Nya. Terputuslah semua pengharapan kecuali dari-Mu, dan rugilah semua angan-angan kecuali kepada-Mu dan menjadi tersumbat semua jalan kecuali kepada-Mu. Wahai Zat yang Maha Penolong kepada orang-orang yang minta tolong, tolonglah aku.” 

2. Untuk mendatangkan semua yang dihajati
Caranya : Bacalah surat Al Qadr 41 kali, kemudian bacalah doa seperti  di atas 41 kali juga. Setelah semua selesai, maka utarakanlah hajat yang dikehendaki kepada Allah. Mintalah kepada-Nya dengan kesungguhan hati, Insya Allah, Tuhan akan mengabulkan hajatnya; 

3. Untuk keteguhan iman
Caranya : Setiap hari Jumat bacalah surat Al Qadr 1.000 kali. Dengan mengamalkan seperti ini setiap hari Jumat, maka iman kita selalu dijaga oleh Allah, tidak mudah luntur oleh berbagai cobaan. Orang yang mengamalkan ini terus menerus, maka dia tidak akan mati sebelum bermimpi bertemu dengan Rasulullah Saw. 

4. Selalu lapang dalam mata pencaharian sehari-hari
Caranya : Bacalah surat Al Qadr 36 kali pada segelas air. Lalu percikkan air itu pada baju atau pakaian lainnya yang suci atau pakaian yang baru. Maka berkat berkah bacaan itu Insya Allah mata pencaharian sehari-hari akan terjamin, lancar dan membawa berkah, selama pakaian tadi masih ada padanya (belum rusak). 

5. Mayat tidak akan disiksa dalam kubur

Caranya : Menurut riwayat dari Rasulullah Saw. beliau bersabda :
“Barangsiapa yang mengambil segenggam tanah pekuburan sewaktu mayat dikubur dan ia bacakan surat Al Qadr atasnya 7 kali, kemudian ia sertakan segenggam tanah itu dengan mayat pada kain kafannya atau di dalam liang kuburnya, maka mayat itu ridak disiksa di dalam kubur.” 

Keterangan :
Demikianlah di antara khasiat surat Al Qadr, di mana di dalam ayat itu diterangkan bahwa Al Quran mulai diturunkan pada malam Lailatul Qadr yaitu malam kemuliaan yang nilainya lebih mulia dari seribu buian. Pada malam Lailatul Qadr itulah Malakat Jibril turun ke dunia untuk mengatur segala urusan. 

Bagi mereka yang ingin mengamalkan bacaan surat Al Qadi maka amalkanlah dengan kesucian hati dan badan. Dengan demikian doa yang kita panjatkan kepada Allah lekas dikabulkan. Lagi pula jangan lupa memulai berdoa dengan membaca hamdalah dan membaca salawat kepada Nabi Mul-ammad Saw.

Sunday, 23 October 2016

Fatwa Ulama Tentang Hukum Membaca "Ushalli" Sebelum Takbiratul Ihram

Berikut ini kita coba perhatikan beberapa fatwa ulama mengenai talaffuz bin-niyyah ini. 

1. Berkata Imarn Nawawi dalam kitab Al-Minhaj :
“Niat itu tempatnya di dalam hati dan disunnatkan melafazkannya sesaat sebelum takbir” 

2. Berkata Ibnu Hajar Al-Haitami dalam Tuhfatul Muhtaj II/12 :
“Dan disunnatkan melafazkan apa yang diniatkan sesaat menjelang takbir agar supaya lisan dapat menolong hati dan juga untuk keluar dari khilaf orang yang mewajibkannya walaupun (pendapat yang mewajibkan ini) adalah syaz yakni menyimpang. Kesunnatan ini juga karena qiyas terhadap adanya pelafazan dalam niat haji”. 


3. Berkata Imam Ramli dalam Nihayatul Muhtaj jilid 1/437:
“Dan disunnatakan melafazkan apa yang diniatkan sesaat menjelang takbir agar supaya lisan menolong hati dan karena pelafazan itu dapat menjauhkan dari was-was dan juga untuk keluar dari khilaf orang yang mewajibkan “. 

Memperhatikan pernyataan Ibnu Hajar Al-Haitami dan Imarn Ramli yang mengatakan bahwa diantara tujuan pelafazan niat itu adalah “Agar lisan dapat menolong hati” dan “Agar terjauhkan dari was-was” menunjukkan adanya semangat ijtihad dikalangan para ulama agar hati sebagai tempat niat dapat lebih terkonsentrasi (khusyu’) diketika melakukan niat itu. Sehingga dianjurkan agar sebelum hati melakukan niat sebaiknya diucapkan dulu niat tersebut agar setelah itu hati kita dapat lebih mantap melakukannya. Memang sangat dirasakan manfaat dari pengucapan dengan lisan itu. Contoh sederhana ketika seseorang hendak menghitung sesuatu. Andai dicukupkan menghitung dalam hati saja dengan satu, dua, tiga dan seterusnya, maka kemungkinan hati menjadi bimbang sangatlah besar. Tetapi apabila mengucapkan satu, dua , tiga dan seterusnya itu disertai dengan lisan kita, maka hati kita akan lebih mantap dalam melakukan penghitungan. Cobalah anda menghitung sesuatu dengan diam, cukup dengan hati saja. Kemudian anda bandingkan dengan menghitung yang disertai ucapan lisan. Pasti anda akan merasakan perbedaannya. 

Terakhir perlu kiranya kita ketahui bagaimana pendapat Imam Madzhab yang empat dalam masalah talaffuz bin-niyyah ini . 

Tersebut dalam kitab A1-Fiqhul Islami karangan Dr. Wahbah Zuhaili jilid 1/767 :
“Disunnatkan melafazkan niat menurut jumhur ulama selain madzhab Maliki”. 

Adapun menurut madzhab Maliki diterangkan dalam kitab yang sama jilid 1/214 bahwa :
“Yang utama adalah tidak melafazkan niat kecuali bagi orang yang berpenyakit was-was, maka disunnatkanlah baginya melafazkan agar hilang daripadanya keragu-raguan “. 

Dengan demikian dapatlah disimpulkan bahwa : “Sunnat melafazkan niat shalat atau membaca ushalli sesaat menjelang takbirotul ihram dengan tujuan agar lidah menolong hati atau agar terhindar dari was-was (kebimbangan dan keragu-raguan)”. Fatwa ini adalah fatwa dalam madzhab Hanafi, madzhab Syafi’i dan madzhab Hambali. Adapun madzhab Maliki, maka disunnatkan bagi yang berpenyakit was-was saja. Oleh karena itu mengatakan talaffuz bin-niyyah sebagai amalan yang bid’ah berarti menuduh Imam Madzhab yang empat beserta seluruh pengikutnya sebagai pelaku bid’ah yang akan masuk dalam neraka. Na’uuzubillaahi min zaalik! Semoga kita terhindar dari menuduh sesama muslim apalagi ulama-ulama yang besar dengan tuduhan keji sepenti ini.

Hukum Membaca "Ushalli" Sebelum Takbiratul Ihram Saat Shalat

talaffuz bin-niyyah

Masalah ini disebut juga dengan masalah talaffuz bin-niyyah yakni mengucapkan niat dengan lisan sesaat menjelang takbirotul ihram. Tujuan dari talaffuz bin-niyyah ini menurut kitab-kitab fiqh adalah : 
 “Agar lidah menolong hati”

Hal ini dikarenakan niat yang sebenarnya terletak di dalam hati tetapi untuk memantapkan hadirnya niat di dalam hati, maka boleh dibantu dengan lisan yakni melafazkan niat itu terlebih dahulu sebelum menghadirkannya di dalam hati. 

Dengan demikian melafazkan niat adalah termasuk amalan lisan. Setiap perbuatan atau perkataan yang keluar dari seorang mukallaf selalu dicatat oleh malaikat. Perkataan yang baik tercatat sebagai amalan yang baik, begitu pula halnya perkataan yang jelek akan tercatat sebagai amalan yang jelek. Allah Swt. berfirman :
“Tidaklah seseorang itu mengucapkan suatu perkataan melainkan disisinya ada malaikat pencatat amal kebaikan dan amal kejelekan” (Al-Qaf: 18) 

Kalau kita hendak shalat, lalu kita mengucapkan seumpama : “Ushalli Fardho Subhi Rok’ataini Lillahi Ta’ala”, maka kalimat apakah ini ? Tentu semua sepakat bahwa ini adalah kalimat yang baik. Dan Allah Swt. telah berfirman :
“Kepada Allah jualah naiknya kalimat yang baik” (Al-Faathir : 10) 

Begitu pula halnya kalau seseorang mengucapkan kalimat yang jelek seperti ejekan terhadap orang-orang yang melakukan kebajikan atau ejekan terhadap fatwa-fatwa ulama yang sudah menguasai sumber hukum Islam yang utama yakni Al-Qur’an dan Hadits, baik secara tersurat (tekstual) maupun secara tersirat (kontekstual). Semua ucapan itu akan direkam oleh malaikat sebagai kalimat ejekan yang dapat merugikan pelakunya kelak di hari kiamat. 

Selanjutnya marilah kita perhatikan beberapa keterangan dari hadits-hadits yang sahih yang menunjukkan bahwa Nabi kita Muhammad Saw. ada melakukan talaffuz bin-niyyah itu. 

1. Diriwayatkan dari Abu Bakar Al-Muzanni dari Anas ra. beliau berkata :
“Aku pernah mendengar Rasulullah Saw. melakukan talbiyah haji dan umrah bersama-sama sambil mengucapkan “Aku penuhi panggilan-Mu ya Allah untuk melakukan haji dan umrah”. (HR. Bukhari Muslim) 

Hadits ini menunjukkan bahwa Rasulullah Saw. mengucapkan niat atau talaffuz bin-niyyah diwaktu beliau melakukan haji dan umrah. 

2. Diriwayatkan dari Aisyah Ummul Mukminin ra. beliau berkata :
“Pada suatu hari Rasulullah Saw. berkata kepadaku : “Wahai Aisyah, apakah ada padamu sesuatu untuk dimakan ? Aisyah menjawab “wahai rasulullah, tidak ada pada kami sesuatu-pun. Mendengar itu Rasulullah Saw. bersabda: “Kalau begitu hari ini aku puasa”. (HR. Muslim) 

Hadits ini menunjukkan bahwa Rasulullah Saw. mengucapkan niat atau talaffuz bin-niyyah diketika beliau hendak berpuasa sunnat. 

3. Diriwayatkan dari jabir, beliau berkata :
“Aku pernah shalat Idul Adha bersama Rasulullah Saw., maka ketika beliau hendak pulang dibawakanlah beliau seekor kambing lalu beliau menyembelihnya sambil berkata: “Dengan nama Allah, Allah maha Besar. Ya Allah, inilah kurban dariku dan dari orang-orang yang tidak sempat berkurban diantara ummatku “. (HR. Ahmad, Abu Daud dan Turmuzi) 

Hadits ini menunjukkan bahwa Rasulutlah Saw. mengucapkan niat atau talaffuz bin-niyyah diketika beliau menyembelih kurban. 

Di dalam kitab Az-Zarqani yang merupakan syarah dari Al Mawahib Al-Ladunniyah karangan Imam Qasthalani jilid X/302 disebutkan sebagai berikut :
“Terlebih lagi yang telah tetap dalam fatwa para sahabat kita (ulama Syafiiyah) bahwa sunnat menuturkan ushalli itu. Sebagian ulama mengqiyaskan hal tersebut kepada riwayat yang tersebut dalam shahihain yakni kitab hadits Bukhari Muslim. Pertama : Hadits riwayat Muslim dan Anas bahwa beliau mendengar Nabi Saw. bertalbiyyah untuk haji dan umrah secara bersamaan sambil berkata : “Labbaik, sengaja saya mengerjakan umrah dan haji. Kedua Hadits riwayat Bukhari dari Umar bahwa beliau mendengar Rasulullah Saw. bersabda ketika tengah berada di Wadi Aqiq: “Shalatlah engkau di lembah yang penuh berkah ini dan ucapkan “Sengaja aku umrah di dalam haji”. Semua ini jelas menunjukkan adanya pelafazan niat. Dan hukum sebagaimana dia tetap dengan nash juga bisa tetap dengan qiyas “. 

Demikian uraian Imam Qasthalani tentang alasan disunnatkannya ucapan ushalli sesaat menjelang takbirotul ihram itu. 

Baca juga fatwa ulama tentang bacaan "Ushalli" atau talaffuz bin-niyyah sebelum takbiratul ikhram : Fatwa Ulama Tentang Bacaan "Ushalli" Sebelum Takbiratul Ihram Saat Shalat

Baju Nabi Yusuf Yang Robek (Kisah Dalam Al-Quran)

Baju Yang Robek
QS. Yusuf: 22-35
Setiap hari, Zulaikha mengagumi Yusuf yang berwajah tampan dan berbudi luhur. Kekagumannya itu berkembang menjadi keinginan untuk memiliki. Zulaikha pun lambat laun dikuasai oleh hawa nafsu.
Zulaikha bahkan mencoba menggoda Yusuf dengan berbagai macam cara. Dia bersikap lebih manis daripada biasanya. Namun, sikapnya itu bukan sikap seorang ibu kepada anaknya, tetapi sikap seorang wanita yang sedang jatuh hati. Sementara itu, Yusuf tetap bersikap biasa dan sopan kepada Zulaikha. Yusuf menjaga hatinya agar tidak tergoda oleh rayuan apa pun. Hal itu membuat Zulaikha menjadi jengkel. 

Zulaikha terus mencari-cari kesempatan untuk menggoda Yusuf. Hingga suatu hari ketika suaminya sedang pergi, Zulaikha masuk ke kamar Yusuf dan memanggil Yusuf supaya ikut ke kamarnya. Zulaikha pura-pura meminta bantuan Yusuf. Begitu Yusuf sudah berada di dalam kamar, Zulaikha cepat-cepat mengunci pintu kamar. 

Kemudian, ia merayu Yusuf, tapi Yusuf menolaknya. Zulaikha pun menjadi marah. Dia merasa dihina dan diremehkan. Melihat Zulaikha marah. Yusuf segera berlari. Dia takut Zulaikha menjadi nekat. Yusuf berlari ke pintu yang terkunci. Zulaikha cepat-cepat bangun dan mengejarnya. Dia menarik baju Yusuf kuat-kuat sehingga bagian belakang bajunya robek. 

Pada saat Zulaikha menarik Yusuf, Futhifar datang dan menggedor pintu. Futhifar benar-benar kaget melihat Yusuf berada di kamarnya. Sebelum Futhifar sempat berkatakata, Zulaikha langsung berucap, “Yusuf budak kesayanganmu ini telah berbuat kurang ajar kepadaku dan masuk ke kamar tidurku.” ucap Zulaikha sambil menunjuk Yusuf. 

Yusuf terkejut mendengar ucapan Zulaikha. Dia tidak menyangka Zulaikha akan menuduhnya sekeji itu. 

“Yusuf harus dipenjara dan dihukum seberat-beratnya” ucap Zulaikha lagi. Dengan wajah bingung, Yusuf berusaha menceritakan kejadian yang sebenarnya kepada Futhifar, "Tuanku, sebenarnya Nyonyalah yang menggodaku. Dia memanggilku masuk ke dalam kamar. Aku menolaknya dan berlari ke luar. Namun, Nyonya menarik bajuku hingga robek.” 

Futhifar bingung mendengar penjelasan Yusuf yang bertentangan dengan kata-kata Zulaikha. Dia tidak tahu harus memercayai siapa di antara mereka berdua. Dia tahu Yusuf bukanlah seorang pembohong dan Yusuf tidak mungkin berbohong. Akan tetapi. dia juga percaya Zulaikha tidak mungkin mengkhianatinya. 

Ketika Futhifar masih dalam keadaan bingung, keponakan Zulaikha datang ke rumah mereka. Keponakannya itu terkenal bijaksana, pandai, dan selalu memberikan pertimbangan tepat bila dimintai nasihat. Futhifar pun bertanya kepadanya tentang masalah Yusuf dan Zulaikha. 

“Lihatlah, bila baju Yusuf robek di bagian belakang. maka dialah yang benar. Tetapi, bila bagian depan bajunya yang robek, maka istrimu yang benar.” 

Futhifar pun kemudian memerhatikan baju Yusuf. Dan jelaslah dia melihat bahwa yang robek itu bagian belakang baju Yusuf. Sekarang, Futhifar mengerti siapa yang telah berdusta. 

Futhifar berkata dengan wajah gusar. “Zulaikha, mohon ampunlah karena kamu sudah berbuat dosa dan dusta. Yusuf, tutuplah mulutmu rapat-rapat. Jangan sampai kejadian ini didengar oleh orang lain,” perintah Futhifar pada Yusuf. Dia tidak ingin namanya menjadi tercemar karena kelakukan istrinya. 

Walaupun Yusuf telah menyimpan rahasia itu sedemikian rupa. namun tetap saja cerita itu diketahui banyak orang. Terdengar bisik-bisik yang tidak enak didengar di lingkungan rumah Futhifar. Cerita itu bermula dari para pembantu Futhifar yang tinggal di rumahnya. Lalu. menyebarlah cerita memalukan itu di kota Mesir. Timbul berbagai macam kecaman kepada Zulaikha yang dianggap telah menurunkan martabatnya karena menggoda seorang budak. 

Berbagai kacaman dan sindiran pun sampai ke telinga Zulaikha. Dia sangat sedih karena nama keluarganya menjadi hancur. Dia juga merasa jengkel kepada para wanita yang selalu menggunjingkannya. 

Zulaikha lalu mencari ide agar dirinya terlepas dari kecaman dan sindiran tersebut. Akhirnya, dia memutuskan untuk mengundang para istri pejabat yang telah mempergunjingkannya. Zulaikha mengadakan jamuan makan di rumahnya. 

Pada hari yang sudah ditentukan, datanglah para istri pejabat dan wanita terhormat yang telah Ia undang. Zulaikha menyediakan tempat duduk yang empuk serta suasana yang nyaman dan menyenangkan. Di setiap bangku, Zulaikha menyiapkan sebuah pisau tajam untuk mengupas dan memotong buah-buahan. 

Setiap tamu dipersilakan duduk di kursi yang sudah disiapkan. Mereka segera menikmati hidangan yang disajikan. Pada seat acara menyantap buah-buahan, mereka pun sibuk mengupas buah-buahan yang tersedia di meja. Bersamaan dengan itu, Zulaikha memanggil Yusuf untuk masuk ke ruangan. Mereka begitu terpesona melihat ketampanan Yusuf. Mata mereka terbelalak takjub memandang Yusuf yang sedang berjalan di hadapan mereka. Saking terpesonanya, tanpa sadar mereka telah melukai tangannya sendini dengan pisau buah. 

Zulaikha bertepuk tangan. Dia senang melihat reaksi yang timbul karena ulahnya. Dia tersenyum melihat para wanita itu sama terpesonanya seperti dirinya. 

“Inilah Yusuf. Kalian selalu mengejekku karena telah tergoda kepada Yusuf. Kupikir hal itu wajar, karena aku setiap hari bertemu dengannya, sedangkan kalian yang baru melihatnya saja begitu tertarik sehingga tidak sadar telah melukai tangan kalian sendiri.

Kemudian, Zulaikha pun mengaku,”Akulah yang telah menggoda Yusuf. Aku telah merendahkan martabatku untuk menggodanya, tapi Yusuf tidak pernah menghiraukanku. 

Aku bersumpah bila Yusuf tidak mau mengikuti kehendakku, aku tidak akan ragu memasukkannya ke dalam penjara, ucap Zulaikha berapi-api."

Mendengar perkataan Zulaikha tersebut, para wanita itu merasa bersimpati kepada Yusuf. Mereka tidak mau melihat Yusuf masuk penjara. Salah seorang dari mereka pun mendekati Yusuf. “Wahai Yusuf, mengapa engkau keras kepala tidak mengikuti kemauan Zulaikha? Bukankah dia wanita kaya yang terhormat? Sebaiknya ikuti saja kemauannya agar engkau selamat,” ucap wanita itu. “lya, bila engkau tidak tertarik kepada kecantikannya, engkau bisa mengikuti kehendaknya demi harta dan kekayaannya,” ucap tamu yang lain. “Benar Yusuf, Zulaikha tentunya tidak akan main-main dengan ucapannya. Dia telah dipermalukan karena beritanya telah menyebar ke mana-mana. Dia tidak akan ragu memasukkanmu ke penjara bila engkau menolak keinginannya,” wanita yang lain menimpali. 

Yusuf diam mandengar bujukan-bujukan itu. Kemudian. beliau berdoa kepada Allah meminta petunjuk. 

“Ya Allah, aku lebih suka masuk ke dalam penjara daripada harus berbuat dosa. Lindungilah aku. berilah aku ketetapan hati. Jauhkan aku dari rayuan dan tipu daya para wanita ini." Yusuf berdoa sangat khusyuk. 

Maka dengan tegas Yusuf pun menolak Zulaikha. Hal itu membuat Zulaikha murka. Dia segera menemui suaminya. Zulaikha merayu suaminya dengan air mata agar suaminya memasukkan Yusuf ke dalam penjara. Sebenarnya, Futhifar tahu kalau Yusuf tidak bersalah, namun dia tidak dapat menolak keinginan istrinya. 

“Suamiku, bila engkau memasukkan Yusuf ke dalam penjara, tentunya tuduhan kepadaku akan hilang dan mereka akan berbalik menuduh Yusuf,” ucap Zulaikha sambil berurai air mata. 

“Tapi, kamu ‘kan tahu, kalau Yusuf tidak bersalah," ucap Futhifar bingung. 

“Suamiku, apakah engkau mau aku selalu menjadi bahan gunjingan dan ejekan orang? Aku yakin, bila engkau memasukkan Yusuf ke dalam penjara, tentunya nama baik keluarga kita akan kembali seperti semula.” kata Zulaikha meyakinkan suaminya. 

“Baiklah, sepertinya itu satu-satunya cara agar kita terbebas dari gunjingan.” Futhifar menyetuju keinginan istrinya. 

Dengan kekuasaannya, Futhifar kemudian memasukkan Yusuf ke dalam penjara.
Baca juga kisah dalam Al Quran lainnya : Nabi Yusuf Dipenjara (Kisah Dalam Al-Quran)

Nama Dan Nasab Abu Bakar (Biografi Lengkap Abu Bakar Ash Shiddiq ra.)

Biografi Lengkap Abu Bakar Ash Shiddiq ra.
Abu Bakar Ash Shiddiq ra. (Nama dan Nasab)

Merujuk pada silsilah keluarga, namanya adalah Abdullah bin Utsman bin Amir bin Amr bin Ka’ab bin Sa’ad bin Taim bin Murrah bin Ka’ab bin Lu’ay A1-Qurasyi At-Taimi. Sedangkan nama keluarganya adalah Abu Quhafah. 

Nama ibunya adalah Ummu A1-Khair binti Shakhr bin Amir bin Ka’ab bin Hasan bin Taim bin Murrah. Dia adalah putri dari paman Abu Quhafah. 

Abu Bakar Ash-Shiddiq berasal dari sebuah kabilah yang sangat disegani di antara kabilah-kabilah suku Quraisy di Mekah. Kabilahnya memiliki posisi terhormat di kalangan masyarakat Mekah. 

Seperti diketahui, kabilah di Mekah terbagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan kedudukan masing-masing. Setiap kedudukan mempunyai jabatan dan fungsi sendiri-sendiri. Kedudukan itu terkait dengan urusan Ka’bah dan pengaturan kelancaran jamaah haji di Baitul-Haram. 

Bani Abdul Manaf mempunyai wewenang untuk menyuplai minuman dan menghormati jamaah haji yang datang ke Mekah. 

bilik islam
Bani Abdud-Dar mempunyai tugas memasang umbul-umbul dan tirai di Ka’bah. Mereka juga bertugas menyelenggarakan pertemuan untuk kemakmurkan Baitul Haram. 

Sementara itu, kabilah yang mempunyai wewenang untuk mengatur pasukan berkuda ataupun pejalan kaki adalah Bani Makhzum. Itulah kabilah asal Khalid bin Walid. 

Kabilah Taim bertugas mengurusi pembayaran diyat (denda) sebagaimana yang berlaku dalam tradisi jahiliah. Ketika Abu Bakar Ash-Shiddiq beranjak dewasa, dia memimpin kabilahnya untuk mengepalai tugas itu. 

Bani Taim bin Murrah mempunyai posisi terpandang di antara kabilah-kabilah di Arab. Diceritakan bahwa suatu hari, A1-Mundzir bin Ma’ As-Sama’-sebagai raja di daerah Hirah- pernah mau membunuh salah seorang budak dari Al-Qais bin Hajar Al-Kindi. Ketua tertinggi dalam kepengurusan Bani Taim memperbolehkan hal itu. Maka, dinyatakan dalam sebuah syair: 

“Untuk hukuman bagi salah satu budak Al-Qais bin Hajar, Bani Taim yang merupakan lentera dalam kegela pan telah mernperkenankannya” 

Setelah peristiwa tersebut, Bani Taim lebih dikenal dengan julukan sebagai “lentera dalam kegelapan”.

Biografi Abu Bakar selanjutnya bisa dibaca pada postingan berjudul : Sosok Abu Bakar (Biografi Lengkap Abu Bakar Ash Shiddiq ra.)

Tabir Wanita