Monday 24 October 2016

Kepribadian Dan Sosok Abu Bakar (Biografi Lengkap Abu Bakar Ash Shiddiq ra.)

Biografi Lengkap Abu Bakar Ash Shiddiq ra. bilik islam
Sosok Abu Bakar Ash-Shiddiq dapat dibedakan dengan orang lain dari ketampanan wajah dan keluhuran budinya. Dalam dirinya juga terhimpun sifat-sifat lelaki yang sempurna. Gambaran fisiknya dapat dilukiskan sebagaimana berikut ini. 

Dia adalah orang yang berwajah sangat tampan dengan sinar cerah yang terpancar sekaligus teduh. Warna kulitnya kuning langsat. Tubuhnya agak kurus. Namun, posturnya tinggi semampai. Kedua pipinya cekung. Wajahnya lonjong dengan tulang menonjol di beberapa bagiannya. Matanya juga cekung menyipit. Jidatnya lebar. Dalam tubuhnya terbayang kekuatan dan keperkasaan. 


Dia adalah orang yang perjalanan hidupnya bergelimang kemudahan karena segala sesuatu untuk keperluannya serba tersedia. Cakrawala pergaulannya sangat luas, karena memang dia mudah akrab. Tabiatnya lemah-lembut. Pemikirannya mendalam. Otaknya encer. Pandangannya menerawang jauh ke depan. Buah pikirannya cemerlang dan mencengangkan. Setiap ucapannya bisa dipastikan kejujurannya. 

Pendeknya, dia berbeda jauh dengan para pemuda Mekah waktu itu yang mempunyai tabiat tercela. Dia tidak mau minum khamar, baik di masa jahiliah maupun di masa Islam. Lembaran hidupnya tidak pernah ternoda dengan segala kekotoran dan kenistaan sebagaimana yang dialami para pemuda Mekah di masanya. 

Abu Bakar Ash-Shiddiq banyak menimba ilmu dari para guru. Tidak heran, dia mempunyai wawasan luas tentang ilmu pengetahuan dan kebudayaan. Dia mampu membaca dan menulis. Dia banyak menelaah sejarah bangsa Arab, berbagai nasab dan riwayat hidup mereka. Para pakar nasab di kalangan bangsa Arab pun harus datang kepadanya untuk bisa menyerap ilmunya, selain agar bisa berkawan dekat dengannya. 

Ibnu Hisyam dalam kitab As-Sirah An Nabawiyyah menggambarkan sosok Abu Bakar sebagai berikut. 

“Abu Bakar adalah laki-laki yang lemah-lembut terhadap semua orang. Dia sangat disayangi karena sikap ramahnya. Dia adalah satu-satunya orang di kalangan suku Quraisy yang mendalami secara intensif nasab-nasab dan sejarah suku Quraisy. Dia juga mengetahui secara pasti berbagai peristiwa yang menimpa suku Quraisy, dan peristiwa yang baik sampai peristiwa yang buruk. 

Mata pencahariannya adalah berdagang. Kejujurannya dalam dunia bisnis sudah dikenal di mana-mana. Anggota kaumnya banyak yang bersanding dan bersahabat akrab dengannya. 

Karena berbagai kelebihan telah dimiliki, seperti pengetahuan yang luas, perdagangan yang sukses dan pergaulan yang ramah. 

Dalam keseharian, Abu Bakar bergelut di dunia perdagangan. Ketekunan dan kegigihannya membuahkan keuntungan berlipat. Barang dagangannya adalah busana. Itu merupakan lahan bisnis yang memerlukan jiwa seni dan cita rasa tinggi untuk menentukan motif yang cocok bagi semua orang. Namun, di balik semua sifatnya yang penuh kelembutan, tersimpan keteguhan hati dan kemauan yang membaja.” 

Biografi Abu Bakar selanjutnya dapat dibaca pada postingan yang berjudul : Abu Bakar Masuk Islam (Biografi Lengkap Abu Bakar Ash Shiddiq ra.)

0 komentar:

Post a Comment

Tabir Wanita