Monday 24 October 2016

Perbedaan Antar Malaikat Dalam Postur (Ukuran) Dan Kedudukan

bilik islam
Malaikat tidak diciptakan dalam satu rupa dan ukuran. Sebagian antara mereka memiliki dua sayap, sedangkan Jibril memiliki 600 sayap. Dan di sisi Allah SWT, mereka memiliki kedudukan yang berbeda-beda yang telah diketahui. Allah SWT berfirman :
Artinya “Dan tidak satu pun diantara kami (malaikat) melainkan masing-masing mempunyai kedudukan tertentu.” (QS.Ash-Shaaffaat: 164). 

Allah Ta’ala berfirman tentang Jibril :
Artinya : Sesungguhnya (Al-Qur’an) itu benar-benar firman (Allah yang dibawa oleh) utusan yang mulia (Jibril), yang memiiki kekuatan, memiiki kedudukan tinggi disisi (Allah) Yang memiliki ‘Arsy, yang disana (dialam malaikat) Ia ditaati dan dipercaya. “(QS. At-Takwiir: 19-2 1).

Maksudnya, Jibril memiliki kedudukan yang tinggi dan mulia disisi Allah SWT. Dan termasuk Malaikat yang paling utama adalah Malaikat yang menghadiri (turut serta) dalam perang Badar. Disebutkan didalam Shahih al-Bukhari, dan Rifaah bin Raafi RA, bahwa Jibril mendatangi Nabi Muhammad SAW seraya berkata, “Bagaimana anggapan kalian atas orang-orang yang mengikuti perang Badar? “mereka adalah yang terbaik diantara kami.” Jawab Beliau. Jibril pun berkata, “Demikian juga malaikat yang mengikuti perang Badar, mereka disisi kami adalah malaikat-malaikat yang terbaik.”

0 komentar:

Post a Comment

Tabir Wanita