Tuesday 25 October 2016

Abu Bakar Masuk Islam (Biografi Lengkap Abu Bakar Ash Shiddiq ra.)

Biografi Lengkap Abu Bakar Ash Shiddiq ra. bilik islam
Abu Bakar Ash-Shiddiq bisa dinilai sukses dalam dunia perdagangan. Dia memiliki kekayaan yang berlimpah dari hasil bisnis itu. Dia mempunyai sekian banyak unta dan domba layaknya para hartawan Mekah lainnya di waktu itu. 

Abu Bakar Ash-Shiddiq menjalani hidup yang diliputi kemudahan dan kemewahan seperti kebanyakan pedagang dan hartawan Mekah. Dia hidup terhormat layaknya Khadijah binti Khuwailid istri Rasulullah saw. yang juga “ibu” kaum muslimin.


Dari jalur perdagangan itulah dia mulai mengenal Muhammad bin Abdullah. Dia juga mengetahui sifat-sifat Muhammad yang terpuji, berbudi luhur dan bersih. Jalan hidup dan perilaku beliau sungguh patut diteladani. 

Keakraban terjalin antara Abu Bakar dengan Muhammad. Usia keduanya tidak terpaut jauh. Usia Abu Bakar Ash-Shiddiq lebih muda dua tahun beberapa bulan dari usia Rasulullah saw. 

Wahyu turun kepada Muhammad bin Abdullah. Beliau diutus menjadi Nabi untuk memberikan petunjuk kepada semua manusia dan dipilih menjadi rasul yang menyebarkan risalah ketuhanan. Dan sini, Rasulullah saw. teringat akan sahabat karibnya, Abu Bakar Ash-Shiddiq. Beliau tahu bahwa sahabatnya itu adalah sosok orang yang cerdas dan berwawasan luas. 

Rasulullah saw. menjelaskan tentang Islam di hadapan Abu Bakar Ash-Shiddiq. Tidak sedikit pun Abu Bakar Ash-Shiddiq mengalami kebimbangan saat dia menerima Islam. Dia menerima ajakan menuju kebenaran itu dan beriman dengan semua ajaran Muhammad bin Abdullah tanpa berpikir panjang. 

Abu Ja’far bin As-Samin menyitir dari Yunus bin Abu Bakar, dari Ibn Ishaq, dan Muhammad bin Abdur-Rahman bin Abdullah bin Al-Hushain At-Taimi bahwa Rasulullah saw. Bersabda :
“Setiap kali aku berdakwah kepada seseorang. pasti dia akan mengalami kebimbangan dan berpikir seribu kali sebelum menyatakan mau masuk Islam atau tidak. Ini tidak berlaku bagi Abu Bakar Ash-Shiddiq. Ia tidak diterpa kebimbangan atau harus menunggu untuk berpikir beribu kali. Dia langsung menerima ajaran Islam.”

Biografi Abu Bakar selanutnya bisa dibaca pada postingan yang berjudul : Sahabat Dekat Rasulullah (Biografi Lengkap Abu Bakar Ash Shiddiq ra.)

0 komentar:

Post a Comment

Tabir Wanita