Sunday 9 October 2016

Tahun Duka Cita (Biografi Khadijah ra.)

Biografi Khadijah ra.
Kaum muslimin baru saja dapat memulai aktivitasnya seperti dulu ketika Islam di Mekah akan melewati masa sepuluh tahun yang penuh dengan berhagai kejadian yang berat. Belum sempat mereka bernapas lega setelah terlepas dari kesulitan yang mereka hadapi, Rasulullah saw. ditimpa musibah berupa wafatnya istrinya Khadijah ra. dan pamannya Abu Thalib. Peristiwa itu benar-benar merupakan musibah terberat yang dihadapi Rasulullah saw. 

Khadijah adalah nikmat yang paling besar yang diberikan oleh Allah swt. kepada Rasulullah saw. Dia telah menjadi tumpuan beliau pada saat-saat sulit; membantu beliau dalam upaya menyampaikan risalah; ikut serta menghadapi tantangan dan rongrongan; serta mendukung beliau dengan jiwa dan hartanya. 


Kita akan merasakan betapa besarnya nikmat tersebut ketika mengetahui hahwa diantara istri-istri para nabi terdahulu ada yang mengkhianati risalah dan kufur terhadap sang pembawa risalah. Ada Juga yang bersekutu dengan kaum musyrikin dari kaumnya dan menghasut mereka supaya memerangi Allah dan rasul-Nya. 

Semua itu digambarkan oleh Allah swt. melalui firman-Nya :
“Allah membuat istri Nuh dan istri Luth sebagai perumpamaan bagi orang-orang kafir. Keduanya berada di bawah pengawasan dua orang hamba yang saleh di antara hamba-hamba Kami; lalu kedua istri itu berkhianat kepada suaminya, maka suaminya itu tiada dapat membantu mereka sedikit pun dari Allah; dan dikatakan: ‘Masuklah ke dalam jahannam bersana orang-orang yang masuk (ke sana).” (At-Tahrim [66]: 10) 

Sebaliknya, Khadijah ra. adalah istri yang berbakti dan setia mendampingi suaminya pada saat-saat sulit. Khadijah hidup bersama Rasulullah saw selama seperempat abad. Dia menghormati beliau sejak sebelum risalah turun ketika beliau seringkali menyendiri dan melakukan perenungan. 

Kemudian, setelah risalah datang, dia ikut menanggung makar permusuhan terhadap Rasulullah saw., rasa sakit akibat pemboikotan, dan kelelahan dalam berdakwah. Dia meninggal dunia dalam umurnya yang ke-65, sementara Rasulullah saw. berusia 50 tahun. Rasulullah saw. selalu mengenang Khadijah selama hidupnya.

Biografi khadijah selanjutnya bisa dilihat pada postingan yang berjudul  Inilah Penghargaan Yang Diberikan Rasulullah SAW. Terhadap Khadijah ra.

0 komentar:

Post a Comment

Tabir Wanita