Saturday 8 October 2016

Balasan Itu Tergantung Perbuatanmu (Biografi Khadijah ra.)

Biografi Khadijah ra.
Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra., dia berkata, “Malaikat Jibril datang menemui Nabi dan berkata, Wahai Rasulullah saw., Khadijah akan datang membawa nampan yang berisi makanan dan minuman. Jika dia datang, sampaikan kepadanya salam dari Tuhannya dan dariku. Juga beri dia kabar gembira bahwa untuknya telah disiapkan sebuah rumah yang terbuat dari emas. Tidak ada kegaduhan dan tidak ada kelelahan di sana.” 

Mari kita sejenak mencari tahu mengapa berita gembira itu berupa rumah yang terbuat dari emas? Mengapa harus disebutkan secara eksplisit bahwa rumah itu terbuat dari emas? 


Ibnu Hajar menjelaskan, “Kata ‘Qashab’ dengan memfathahkan huruf ‘qaf’, menurut Ibnut-Tin maksudnya adalah perhiasan yang terhampar luas sehingga membentuk seperti sebuah istana. Sedangkan menurut Ath Thabrani dalam kitab Al-Ausath dari jalur periwayatan yang lain, dari Ibnu Abi Aufa, maksudnva adalah emas dari jenis perhiasan. Sementara dalam kitab Al-Kabir dari hadits Abu Hurairah disebutkan, ‘Sebuah rumah yang terbuat dari perhiasan yang terhampar.’ 

Asalnya adalah dalam kitab Sahih Muslim, dan di kitab Al-Ausath, dari hadits Fathimah, dia berkata, “Aku bertanya kepada Rasulullah saw. ‘Wahai Rasulullah, di mana ibuku Khadijah?’ Beliau menjawab, ‘Di rumah yang terbuat dari emas’. 

Aku bertanya lagi, ‘Apakah dari emas ini?’ Jawab beliau, ‘ Tidak, tapi dari emas yang tersusun dengan batu mutiara dan perhiasan intan permata’. 

As-Suhaili mengatakan, “Penekanan dalam hadits tersebut adalah pada kata ‘terbuat dari ‘qashab’ (emas)’ dan tidak dikatakan ‘terbuat dari lu’lu’ (perhiasan)’. Kata ‘qashab’ lebih sesuai dengan kedudukan Khadijah yang telah berhasil meraih emas dari perlombaan karena dia menyegerakan diri dalam beriman kepada risalah Rasulullah saw. Dengan demikian, penggunaan istilah qashab itu sangatlah sesuai dan tepat.” 

Di samping itu, ‘qashab’ juga berarti tumbuh-tumbuhan yang berbuku-buku seperti tebu dan bambu. Pada pengertian ini juga terdapat kesesuaian dari segi kestabilan setiap bukunya. Begitu juga halnya dengan Khadijah yang memiliki kestabilan. Sebab, dia selalu menjaga diri untuk berusaha meraih keridhaan Rasulullah saw. dengan cara apa pun. Dia tidak pernah sekalipun melakukan tindakan yang dapat memancing kemarahan beliau. 

Adapun perkataannya: “di rumah”, Abu Bakar Al-Iskaf menjelaskan dalam kitab Fawaid Al-A khbar bahwa yang dimaksud adalah rumah yang disiapkan untuknya sebagai balasan atas perbuatannya. Maka, disebutkan juga di sana, “Tidak ada kelelahan di sana.” Maksudnya, dengan adanya rumah itu dia tidak akan merasakan lelah. 

As-Suhaili menjelaskan, “Penyebutan rumah memiliki pengertian yang halus karena Khadijah adalah ibu rumah tangga pertama yang mengurus rumah yang seluruh penghuninya telah masuk Islam. Pada awal kernunculan Islam, tidak ada satu rumah pun yang seluruh penghuninya muslim selain rumah Khadijah. Sebuah keutamaan lagi yang dimiliki oleh Khadijah dan tidak ada yang menyamainya.” 

Balasan kebaikan memang biasanya disebutkan dengan lafalnya meski balasan yang sebenarnya jauh lebih baik dari yang disebutkan itu. Oleh karena itu, disebutkan di dalam hadits dengan kata “rumah” bukan “istana”. 

Sementara Al-Manawi mengatakan, “Rumah di sini maksudnya adalah istana. Penamam tersebut telah biasa digunakan di kalangan orang Arab. Balasan itu mesti sesuai dengan jenis amal, sebagaimana sabda Rasulullah saw. “Tidak ada kegaduhan dan tidak ada kelelahan di sana”. 

As-Suhaili berkata lagi, “Hubungan peniadaan kedua hal itu, yaitu kegaduhan dan kelelahan adalah ketika Rasulullah saw. menyeru manusia untuk masuk Islam, Khadijah langsung menjawab seruan itu dengan penuh ketaatan tanpa ada penolakan dengan suara tinggi dan tidak ada kelelahan yang dirasakan Rasulullah saw. dalam hal itu. 

Bahkan, dengan adanya sikap Khadijah itu hilanglah kelelahan dari diri Rasulullah saw. Khadijah telah membuat Rasulullah saw. merasa tenang dan memperoleh kemudahan. Dengan demikian, sangatlah sesuai jika tempat tinggal yang dijanjikan untuk Khadijah oleh Tuhannya memiliki sifat seperti di atas.” 

Biografi selanjutnya bisa dibaca pada postingan yang berjudul :  Tahun Duka Cita (Biografi Khadijah ra.)

0 komentar:

Post a Comment

Tabir Wanita