Sunday 9 October 2016

Inilah Penghargaan Yang Diberikan Rasulullah SAW Terhadap Khadijah ra.

Biografi Khadijah ra.
Rasulullah saw. sangat merasa sedih atas wafatnya Khadijah ra. Sebab, dia adalah istri yang luar biasa, sabar, ikhlas, dan selalu mendukung beliau selama hidupnya serta tidak segan-segan membelanjakan harta dan mempertaruhkan jiwanya untuk menolong agama ini. Karenanya, Rasulullah saw. tidak akan mungkin bisa melupakannya selamanya. 

Penghargaan beliau terhadap Khadijah pun begitu besar dan sulit digambarkan dengan kata-kata. Rasulullah saw. seringkali memuji Khadijah. Di antara pujian beliau terhadapnya adalah: “Laki-laki sempurna banyak, tapi tidak ada wanita yang sempurna kecuali Asiyah istri Firaun, Maryam binti Imran, dan Khadijah binti Khuwailid. Sedangkan keutamaan Aisyah dari banyak wanita lain seperti keutamaan roti yang direndam dalam kuah atas makanan lainnya.” 


Salah seorang ulama telah memberi catatan atas hadits ini dan berkata, “Persamaan antara ketiga wanita yang dikumpul.kan dalam satu ucapan ini adalah setiap mereka pernah mengurus seorang nabi yang diutus oleh Allah swt. dengan baik. 

Asiyah pernah mengurus Nabi Musa as. dengan baik (Yaitu, ketika Nabi Musa saw. dihanyutkan ke sungai oleh ibu kandungnya atas perintah Allah, Asiyah yang menemukannya dan mengangkatnya sebagai anak) dan mempercayainya ketika dia diutus. 

Maryam pernah mengurus Nabi isa as. dan membesarkannya, kemudian dia juga mengimani Isa ketika diangkat menjadi nabi, Sementara itu, Khadijah menjadi pendamping Rasulullah saw. dan menjadi pendukung beliau dengan harta dan jiwanya. Bahkan, dia adalah orang pertama yang mengimani Rasulullah saw. ketika diturunkan wahyu kepadanya.” 

Rasulullah saw. belum pernah menikah dengan siapa pun sebelum Khadijah dan beliau tidak menikah lagi dengan yang lain selama Khadijah masih hidup.” 

Diriwayatkan dari Aisyah, dia berkata,
“Nabi saw. tidak pernah menikah dengan orang lain sampai Khadijah wafat.” 

Rasulullah saw. bersama Khadijah melewati hari-hari yang paling indah penuh kasih sayang dalam kecintaan dan ketaatan kepada Allah serta berdakwah untuk agama Allah swt. Bahkan, pada hari-hari sepeninggal Khadijah, kecintaan Rasulullah saw. terhadapnya semakin bertambah. Bahkan, beliau suka melihat dan mendengar orang yang akan mengingatkan beliau kepadanya dan kepada hari-hari yang penuh warna dan keberkahan itu. 

Diriwayatkan dari Hisyam bin Urwah, bapaknya berkata, “Aku mendengar Abdullah bin Ja’far, dan Ali bin Abi Thalib ra. dan Nabi saw. bahwa beliau bersabda, ‘Sebaik-baik wanita adalah Maryam binti Imran, dan sebaik-baik wanita adalah Khadijah.” 

Diriwayatkan juga dari Ibnu Abbas, dia berkata, “Rasulullah saw. menggambar empat buah garis di tanah, lalu bertanya kepada para sahabat, ‘Tahukah kalian apa ini?’ Para sahabat menjawab, ‘Allah dan rasul-Nya lebih tahu.’ 

Rasulullah saw. pun menjelaskan, ‘Wanita yang paling utama di antara penduduk surga adalah Khadijah binti Khuwailid, Fatimah binti Muhammad, Asiyah biti Mazahim istri firaun, dan Maryam binti Imran. Semoga Allah meridhai mereka semua.” 

Diriwayatkan dari Anas ra., sesungguhnya, Nabi saw. bersabda, “Cukup bagimu di antara seluruh wanita di alam ini: Maryam binti Imran, Khadijah binti Khuwailid, Fatimah binti Muhammad, dan Asiyah istri Firaun”. 

Diriwayatkan juga dari Ibnu Abbas, dia berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Pemimpin para wanita penduduk surga nanti adalah Maryam binti Imran, Fatimah, Khadijah, dan Asiyah istri Firaun.” 

Di antara tanda-tanda yang nyata tentang penghargaan Rasulullah saw. terhadap Khadijah Ath-Thahirah adalah yang terjadi pada saat Perang Badar Al-Kubra. Waktu itu, Abul Ash bin Ar-Rabi’, menantu Rasulullah saw. dan suami dari putri beliau Zainab, putri dan istri beliau Khadijah, tertawan. Maka, Al-Wafiyyah mengirimkan kepada Zainab sesuatu untuk menebus suaminya Abul-Ash. Di antara tebusan tersebut ternyata kalung yang diperoleh Zainab dari ibunya, Khadijah ra., pada saat malam pernikahannya. 

Ketika Rasulullah saw. melihatnya, terenyuhlah hati beliau dan merasa kasihan sekali. Beliau teringat akan istrinya yang penuh keberkahan, Khadijah. Maka, beliau berkata kepada para sahabatnya, ‘Jika kalian setuju untuk melepas tawanan untuknya dan mengembalikan kalung itu kepadanya, maka lakukanlah.” 

Para sahabat pun langsung mengabulkan permintaan Rasulullah saw. tersebut yang digerakkan oleh rasa rindunya terhadap sang istri yang sangat berbakti, Ath-Thahirah Khadijah-Ummul Mu’ininin ra. Sebab, kaum muslimin merasa berhutang budi kepadanya

Biografi selanjutnya bisa dibaca pada postingan yang berjudul :  Akhlak Yang Agung (Biografi Khadijah ra.)

0 komentar:

Post a Comment

Tabir Wanita