Friday 7 October 2016

Sabar Dan Pasrah (Biografi Khadijah ra.)

Biografi Khadijah ra.
Khadijah binti Khuwailid ra. menyaksikan sendiri apa yang dialami oleh Rasulullah saw. berupa gangguan dan ejekan. Karena itu, dia berusaha untuk menguatkan Rasulullah saw. dan mendukungnya agar tetap tegar. Dia juga berusaha meringankan beban yang dialami Rasulullah saw. akibat perbuatan kaumnya kepada beliau. 

Khadijah merupakan contoh yang luar biasa dan mungkin tidak ada duanya serta teladan bagi setiap kaum muslimah yang suaminya merupakan seorang dai yang mengajak manusia ke jalan Allah swt. Teladan dalam hal meringankan beban yang diderita Rasulullah saw. berupa cobaan dan rintangan yang beliau hadapi di jalan dakwah. 


Di antara rintangan yang disaksikan oleh Khadijah ra., adalah gangguan yang dilakukan kaum musyrikin terhadap Rasulullah. 

Diriwayatkan dari Abdullah bin Mas’ud ra., “Nabi Muhammad saw melakukan shalat di Baitullah, sedangkan Abu Jahal dan teman-temannya sedang duduk-duduk. Ketika sebagian dari mereka berkata kepada sebagian yang lain, “Siapakah di antara kalian yang dapat membawa tempat kandungan unta bani Fulan lalu meletakkannya di atas punggung Muhammad apabila sujud ?” 

Bangkitlah orang yang paling celaka di antara kaum itu (yakni, Ibnu Abi Mu’ith). Ia datang membawanya, kemudian ia memperhatikan. Ketika Nabi Muhammad saw. sujud, ia meletakkannya di atas punggung beliau di antara kedua pundak beliau. Aku melihatnya, namun sedikit pun aku tidak dapat berbuat apa-apa. Seandainya aku mempunyai sesuatu untuk mencegah. 

Mereka mulai tertawa-tawa, sebagian mereka menempati tempat sebagian yang lain dan Rasulullah saw. tetap sujud tidak mengangkat kepala beliau sehingga Fatimah datang kepada beliau kemudian melemparkan tempat kandungan unta itu dari punggung beliau. 

Beliau mengangkat kepalanya, kemudian menghadap Ka’bah seraya berdoa, “Ya Allah, atas kehendak-Mulah untuk mengambil tindakan terhadap orang-orang Quraisy (tiga kali).” 

Mendengar doa tersebut, mereka menjadi ketakutan karena beliau mendoakan keburukan atas mereka, karena mereka tahu bahwa berdoa di tempat itu sangat mustajab. 

Kemudian, beliau menyebut nama mereka satu per satu, “Ya Allah, atas kehendak-Mulah untuk mengambil tindakan terhadap Abu Jahal bin Hisyam; atas kehendak-Mu-lah untuk mengambil tindakan terhadap (Utbah bin Rabi’ah, Syaibah bin Rabi’ah, Walid bin Utbah, Umaiyah bin Khalaf, dan Igbah bin Abu Mu’aith).” 

Abdullah bin Mas’ud berkata, “Demi Zat yang jiwaku di tangan-Nya, sungguh aku melihat orang-orang yang disebut oleh Rasulullah saw. itu terbanting ke sumur, yakni Sumur Badar.” 

Sementara itu, Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah ra. menceritakan, “Abu Jahal berkata, Muhammad saw. berbuat jahat di kalian ?” (Maksudnya adalah apakah Nabi Muhammad menyeru mereka ke jalan Allah? Sebab, dakwah untuk bertauhid dianggap perbuatan jahat oleh mereka.)

Dijawab, ‘Ya.’ 

Abu Jahal berkata lagi, “Demi Lata Uzza, kalau aku melihatnya berbuat demikian lagi, akan aku injak lehernya dan aku benamkan wajahnya ke tanah.”

Tak lama berselang datanglah Rasulullah dan langsung melaksanakan shalat. Abu Jahal pun bermaksud untuk menginjak leher Rasulullah saw., tapi tiba-tiba dia melompat mundur sambil menangkiskan tangannya. Dia ditanya, “Apa yang terjadi denganmu hai Abu Hakam?’

Abu Jahal menjawab, “Aku melihat di antaraku dan dia ada parit api. Sesuatu yang menakutkan dan banyak sekali sayap.” 

Rasulullah saw. bersabda, “Kalau saja dia mendekat padaku, malaikat akan mematahkan bagian-bagian tubuhnya.” 

Diriwayatkan juga dari Urwah bin Zubair, dia berkata, “Aku bertanya kepada Ibnu Amru bin Ash, “Ceritakan kepadaku tentang perbuatan jahat kaum musyrikin yang paling buruk terhadap Rasulullah saw.” 

Dia bercerita, “Suatu ketika, Rasulullah saw. sedang shalat di bawah bayang-bayang Ka’bah. Tiba-tiba, datanglah Uqbah bin Abi Mu’ith. Dia langsung mengalungkan bajunya ke leher Rasulullah saw., lalu mencekik beliau dengan cekikan yang amat keras. Lalu, datang Abu Bakar dan langsung menarik pundak Uqbah dan mendorongnya agar menjauh dari Rasulullah saw. Abu Bakar lantas berkata, “Apakah kamu akan membunuh seorang laki-laki karena dia mengatakan, “Tuhanku ialah Allah?” (Al-Mukmin [23]: 28) 

Tidak hanya Rasulullah saw. yang mengalami gangguan, para sahabat beliau pun mengalami gangguan dan siksaan yang sangat keji. 

Diriwayatkan dari Khabab bin Al-Art, dia berkata, “Aku datang menemui Rasulullah saw. yang sedang berada di bawah bayang-bayang Ka’bah. Waktu itu kami sedang menghadapi gangguan yang sangat hebat danri kaum musyrikin. Aku berkata kepada beliau, “Wahai Rasulullah saw., mengapa engkau tidak berdoa kepada Allah (untuk menyelamatkan kita dari gangguan dan siksaan kaum musyrikin)?” 

Rasulullah saw. langsung duduk dan wajahnya memerah. Beliau berkata, “Orang-orang sebelum kalian dulu disisir tubuhnya dengan sisir yang terbuat dari besi, tapi itu tidak membuat mereka berpaling dari agama mereka. Ada juga yang diancam akan digergaji lehernya. Meski ajal menjemput, mereka tidak merasa takut kecuali hanya kepada Allah.” 

Ibnul Qayyim ra., menyebutkan :
“Maksudnya adalah bahwa sesungguhnya, Allah swt. telah menetapkan hahwa setiap jiwa itu harus menghadapi berbagai macam ujian dan cobaan. Dengan adanya ujian dan cobaan tersebut akan terlihat mana yang haik dan mana yang buruk; mana yang berhak untuk dijadikan wali dan mana yang tidak berhak. 

Di samping itu, berbagai ujian dan cobaan itu juga berguna untuk mengasah jiwa dan membersihkannya dari berbagai macam noda seperti halnya emas yang tidak bisa menjadi murni dan bersih dari berbagai unsur lainnya, kecuali dengan melewati serangkaian uji coba. 

Sebab, setiap jiwa itu pada asalnya dipenuhi dengan kebodohan dan kezaliman. Dari kebodohan dan kezaliman itu muncullah berbagai sifat jelek yang harus dibuang jauh-jauh dan disaring. Jika berbagai sifat jelek itu telah dibersihkan di dunia ini, maka itu merupakan suatu hal yang amat bagus. Jika tidak, maka dia akan dibersihkan dulu di api neraka. Setelah bersih, barulah dia diizinkan untuk masuk surge.” 

Dr. Musthafa As-Siba’i mengatakan bahwa sesungguhnya, ketegaran orang-orang yang beriman di jalan akidah yang mereka yakini setelah mengalami berbagai penyiksaan dan tekanan dari kalangan orang-orang jahat dan sesat menandakan kesungguhan iman mereka dan keikhlasan mereka dalam meyakini keimanan tersebut, serta keluhuran jiwa dan pikiran mereka. Mereka melihat bahwa apa yang mereka yakini itu menciptakan ketenangan dan ketenteraman dalam jiwa dan pikiran mereka. Mereka menganggap bahwa apa yang mereka dapatkan berupa keridhaan Allah swt. jauh lebih besar dari apa yang dialami oleh fisik mereka berupa siksaan, pemboikotan, dan tekanan

Biografi selanjutnya bisa dibaca pada postingan yang berjudul :  Diliputi Kesedihan Dan Kisah Hijrah Ke Habasyah (Biografi Khadijah ra.)

0 komentar:

Post a Comment

Tabir Wanita