Friday 7 October 2016

Diliputi Kesedihan Dan Kisah Hijrah Ke Habasyah (Biografi Khadijah ra.)

Biografi Khadijah ra.
Ketika gangguan kaum musyrikin terhadap kelompok muwahhidin (yang telah menerima tauhid atau telah masuk Islam) semakin menjadi-jadi dari hari ke hari, Rasulullah saw. mengizinkan para sahabatnya untuk berhijrah ke Habasyah. 

Pada awalnya, tekanan yang datang di pertengahan dan akhir tahun keempat kenabian tidak terlalu kuat. Tapi seiring perubahan waktu, tekanan tersebut semakin menjadi-jadi dan puncaknya adalah di pertengahan tahun kelima kenabian. Tidak ada lagi tempat untuk menghindar di Mekah dan kaum muslimin kehabisan akal untuk menghentikan berbagai tekanan tersebut. 


Pada saat keadaan mereka terjepit, turunlah beberapa surat yang berisi tiga kisab, di dalamnya terdapat isyarat dari Allah swt. bagi hamba-Nya yang beriman. Kisah yang pertama adalah kisah Ashabul-Kahfi yang mengandung isyarat tentang hijrah dari tempat kekafiran dan penuh permusuhan ketika dikhawatirkan terjadinya fitnah terhadap agama dan akidah, seraya tawakkal kepada Allah swt.
Allah swt. berfirman, “Dan apabila kamu meninggalkan mereka dan apa yang mereka sembah selain Allah, maka carilah tempat berlindung ke dalam gua itu, niscaya Tuhanmu akan melimpahkan sebagian rahmat-Nya kepadamu dan menyediakan sesuatu yang berguna bagimu dalam urusan kamu.” 

Lalu, kisah Nabi Khidir dan Nabi Musa yang mengisyaratkan bahwa segala sesuatu itu tidak selalu seperti yang tampak di permukaan, tapi bisa jadi kejadian yang sesungguhnya, adalah kebalikan dari yang tampak itu. 

Dalam kisah tersebut terdapat isyarat yang halus bahwa rongrongan dan serangan yang dilancarkan terhadap kaum muslimin akan berbalik seratus delapan puluh derajat sehingga kaum musyrikin yang tidak mau beriman akan terkalahkan dan tidak berkutik di hadapan kaum yang dianggap lemah itu. 

Kisah yang ketiga adalah kisah tentang Zulkarnain yang memberikan pelajaran bahwa dunia ini hanya diwariskan oleh Allah swt. kepada hamba-hamba-Nya yang dikehendaki-Nya dan kemenangan itu hanya akan diperoleh di jalan keimanan, bukan kekufuran. 

Di samping itu, Allah juga akan selalu mengutus di antara hamba-Nya -di setiap masa- seseorang yang akan membela dan menyelamatkan kaum lemah dari Ya’juj dan Ma’juj pada masanya. Hamba Allah yang paling berhak mewarisi bumi ini hanyalah hamba-hamba-Nya yang saleh. 

Kemudian, turun surat Az-Zumar yang mengisyaratkan tentang hijrah dan menyatakan bahwa bumi Allah tidaklah sempit. Allah swt. berfirman, “Katakanlah, ‘Hai hamba-hamba-Ku yang beriman, bertakwalah kepada Tuhanmu. Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya, hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” 

Pada saat itu, Rasulullah saw. mendengar bahwa Ashimah An-Najasyi, Raja Habasyah, adalah raja yang adil dan tidak suka menzalimi siapa pun. Maka beliau pun menyuruh kaum muslimin untuk berhijrah ke negeri Habasyah untuk menghindar dalam rangka menyelamatkan agama mereka dari fitnah. 

Maka, pada bulan Rajab tahun ke-5 kenabian berangkatlah gelombang pertama dari sahabat untuk berhijrah ke Habasyah. Kelompok ini terdiri dari 12 orang laki-laki dan 4 orang wanita yang diketuai oleh Utsman bin Affan dan ikut bersamanya Ruqayyah binti Rasulullah saw. 

Beliau menyebut keduanya dengan ungkapan, “Sesungguhnya, mereka berdua adalah keluarga yang pertama berhijrah di jalan Allah setelah Nabi Ibrahim as. dan Nabi Luth as. 

Sementara Khadijah ra. berdiri bersama Rasulullah saw. melepas putrinya Ruqayyah dan suaminya Utsman ra. seraya berlinang air mata. Meski demikian, dia tetap bersabar karena dia selalu berangan-angan di relung jiwanya yang paling dalam untuk mengorbankan segala sesuatu di jalan kemenangan agama yang agung ini, meski harus membayar mahal. Segala sesuatu tidak berarti apa-apa jika dibandingkan dengan keridhaan Allah swt

Biografi selanjutnya dapa dibaca pada artikel yang berjudul :  Lembaran Keputusan Yang Zalim Dan Pemboikotan Umum (Biografi Khadijah ra.)

0 komentar:

Post a Comment

Tabir Wanita