Thursday 6 October 2016

Rumah Yang Penuh Berkah (Biografi Khadijah ra.)

Biografi Khadijah ra.
Itulah Khadijah binti Khuwailid ra. Manusia pertama yang masuk Islam. Demikian juga halnya dengan putri-putrinya, bahkan semua orang yang ada di rumahnya yang penuh berkah itu, termasuk kelompok yang menyegerakan diri untuk masuk Islam, seperti, Ali bin Abu Thalib dan Zaid bin Haritsah ra. 


Rumah ini adalah rumah paling baik yang ada di alam semesta ini. Dari rumah inilah muncul Khadijah, penghulu para wanita di seluruh dunia. Dari rumah ini juga muncul putrinya, Fatimah, penghulu para wanita penghuni surga. Sebelum semua itu, rumah itu merupakan tempat turunnya wahyu kepada Rasulullah saw. dan hidup di dalamnya pemimpin seluruh manusia. 

Dari rumah itu juga muncul Ali bin Abu Thalib, salah satu dari sepuluh orang yang dijanjikan masuk surga. Dari rumah itu muncul Zaid bin Haritsah, satu-satunya sahabat Nabi saw. yang disebutkan namanya di dalam AlQ ur’an. 

Allah swt. berfirman,
“Dan ketika kamu berkata kepada orang yang Allah telah melimpahkan nikmat kepadanya dan kamu telah memberi nikmat kepadanya, “Tahanlah terus istrimu dan bertakwalah kepada Allah”, sedang kamu menyembunyikan di dalam hatimu apa yang Allah akan menyatakannya, dan kamu takut kepada manusia, sedang Allah-lah yang lebih berhak untuk kamu takuti. Maka tat kala Zaid telah mengakhiri keperluan terhadap istrinya, Kami kawinkan kamu dengan dia supaya tidak ada keberatan bagi orang mukmin untuk (mengawini) istri-istri anak-anak angkat mereka apabila anak-anak angkat itu telah menyelesaikan keperluannya dari istrinya. Dan adalah ketetapan Allah itu pasti terjadi.” (A1-Ahzab [33]: 37) 

Al-Muhib Ath-Thabari menyebutkan bahwa rumah Khadijah ra. merupakan tempat yang paling mulia setelah Masjidil Haram. Kemungkinan hal tersebut dikarenakan oleh lamanya masa tinggal Rasulullah saw. dan turunnya wahyu kepada beliau di rumah itu. 

Sementara Imam Al-Fasi mengatakan bahwa rumah yang diberkahi di Mekah adalah rumah Khadijah binti Khuwailid ra., Ummul Mu’minin. Di rumah ini dilahirkan Fatimah, penghulu kaum wanita di muka bumi dan saudari- saudarinya. 

Dia menyebutkan juga bahwa sesungguhnya, Rasulullah saw. tinggal di sana, Khadijah wafat di sana, dan Rasulullah saw. terus tinggal di rumah itu sampai beliau hijrah ke Madinah Munawwarah. Rumah itu diambil oleh Aqil bin Abu Thalib. Selanjutnya, rumah itu dibeli oleh Muawiyah bin Abu Sufyan yang kala itu menjabat sebagai Khalifah, lalu rumah itu dijadikannya masjid tempat shalat berjamaah

Kelanjutan biografi khadijah bisa dilihat pada postingan yang berjudul Di Bawah Bimbingan Rasulullah SAW. (Biografi Khadijah ra.)

0 komentar:

Post a Comment

Tabir Wanita