Thursday 6 October 2016

Di Bawah Bimbingan Rasulullah SAW (Biografi Khadijah ra.)

Biografi Khadijah ra.
Khadijah ra. senantiasa mendampingi Rasulullah saw. selama hampir seperempat abad sehingga dia menerima langsung berbagai petunjuk dari sumber aslinya yang masih sangat jernih. Dia juga memperoleh banyak hal dari beliau berupa kasih sayang, akhlak yang baik, dan ilmu dalam suasana yang diliputi oleh kebahagiaan yang tidak bisa diungkapkan oleh kata-kata.


Khadijah selama hidupnya juga selalu melaksanakan shalat bersama-sama Rasulullah saw., yaitu shalat yang berlaku pada masa itu : dua rakaat di waktu pagi dan dua rakaat di sore hari, sebelum turun kewajiban shalat yang lima waktu pada saat Rasulullah saw. mengalami Isra’. 

Diriwayatkan dari Urwah bin Zubair, dari Aisyah ra., dia berkata, “Kewajiban shalat itu pada awalnya hanya berupa dua rakaat, lalu diperintahkan shalat dalam waktu perjalanan, kemudian disempurnakan shalat pada saat bermukim.” 

Khadijah meninggal dunia sebelum turunnya berbagai kewajiban, termasuk kewajiban shalat lima waktu yang diwajibkan pada saat Rasulullah saw. melaksanakan Isra’ mi’raj. 

Diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah, “Sesungguhnya, Rasulullah saw. ditanya tentang Khadijah mengenai keadaannya yang meninggal sebelum turunnya berbagai kewajiban dan hukum. Rasulullah saw. menjawab, “Aku melihatnya di salah satu sungai yang ada di surga, di sebuah rumah yang terbuat dari emas bersih dari kegaduhan dan permusuhan.” 

bilik islam
Lalu beliau juga ditanya tentang Abu Thalib (paman beliau yang telah mati-matian membela beliau dari makar kaum kafir Quraisy, namun di akhir hayatnya tidak sempat mengucapkan kalimat syahadat), apakah berbagai perbuatannya itu berguna baginya? Rasulullah saw. menjawab, “Semua perbuatannya itu telah membuatnya dikeluarkan dari Jahannam ke tempat yang dangkal” 

Diriwayatkan juga dari Afif Al-Kindy, dia mengatakan, “Abbas bin Abdul Muththalib dulu adalah sahabatku. Dulu dia suka pergi ke Yaman untuk membeli wangi-wangian dan menjualnya pada musim jual beli. Ketika aku sedang berada di tempat Ja’far di mina, dia didatangi oleh seorang laki-laki dewasa. Orang itu berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, kemudian dia shalat. 

Tak lama kemudian, keluar seorang wanita, dia pun berwudhu lalu melaksanakan shalat. Setelah itu, keluar juga seorang anak remaja, berwudhu lalu ikut shalat di sebelah orang tadi. Aku lantas bertanya kepada Abbas, “Hai Abbas, agama apa ini?” 

Dia menjawab, “ini adalah agama yang dibawa oleh Muhammad bin Ahdullah, keponakanku. Dia mengaku bahwa Allah telah mengutusnya sebagai Rasul. Anak ini adalah keponakanku, Ali bin Abu Thalib, dia telah mcngikuti agamanya, sedangkan wanita ini adalah Khadijah yang juga telah ikut agamanya.” 

Setelah Afif masuk Islam dan semakin mantap keislamannya, dia berkata, “Andai saja waktu itu aku menjadi orang yang keempat."

Biografi selanjutnya bisa dibaca pada postingan yang berjudul  Mekah Diguncang Kemarahan (Biografi Khadijah ra.)

0 komentar:

Post a Comment

Tabir Wanita