Thursday 27 October 2016

Perang Khaibar (Biografi Lengkap Rasulullah SAW)

Biografi Lengkap Rasulullah SAW, bilik islam
Sejak kaum Yahudi diusir dari Madinah, mereka tinggal di Khaibar, kurang lebih 200 mil sebelah utara Madinah. Di sini, mereka hidup merdeka dan tempat itu juga telah dipenuhinya dengan benteng-benteng yang kokoh sehingga pada setiap kesempatan mereka dapat melakukan serangan terhadap umat Islam.

Tidak henti-hentinya kaum Yahudi berupaya hendak menghancurkan Islam; Mereka memandang Perjanjian Hudaibiyah yang secara lahiriah merugikan kaum muslimin itu sebagai kelemahan Islam. Melihat hal itu, timbullah kembali harapan mereka untuk menghancurkan Islam, kemudian mereka bersekutu dengan kaum Ghathafan untuk bersama-sama menyerang Madinah.

Mendengar berita tentang rencana penyerangan tersebut, Nabi segera menyuruh para sahabatnya supaya bersiap-siap untuk menyerbu Khaibar. Orang-orang yang diperbolehkan ikut menyerang adalah orang-orang yang ikut ke Hudaihiyah. Mereka barus rela tidak mendapatkan harta pampasan perang. 


Kurang lebih 1.600 orang dengan 100 pasukan herkuda kaum muslimin itu berangkat menuju Khaibar. Mereka semua merasa optimis akan pertolongan Allah. Mereka masih ingat akan firman Allah yang turun ketika di Hudaibiyah. 

Dengan persiapan persenjataan yang cukup, kaum muslimin sudah berada di depan benteng-benteng Khaibar: Sementara itu, pasukan Yahudi dipimpin oleh Sallam bin Misykam. Kini kedua pasukan tersebut sudah saling berhadapan. Peperangan pun tak dapat dielakkan lagi. Kedua pasukan bertempur mati-matian, hingga Sallam bin Misykam, pimpinan Yahudi pun, berhasil dibunuh ketika itu. 

Selanjutnya, pimpinan. pasukan Yahudi dipegang oleh Harits bin Abi Zainab. Ia keluar dari benteng Na’im dengan maksud hendak menggempur pasukan muslim. 

Akan tetapi, kaum muslimin memperketat pengepungan atas benteng-benteng Khaibar dengan keyakinan bahwa kekalahan Yahudi menghadapi Muhammad berarti penumpasan terakhir yang mereka lakukan terhadap Bani Israil di negeri-negeri Arab. 

Tak lama kemudian, benteng-benteng musuh jatuh ke tangan kaum muslimin dan hanya tinggal dua buah benteng yang masih berdiri kokoh dan kuat, yaitu benteng Watih dan Sulalim yang termasuk dalam kelompok benteng-benteng Khaibar. 

Sejak saat itu, perasaan putus asa mulai merayap ke dalam hati orang-orang Yahudi. Mereka meminta berdamai. Semua harta benda mereka yang ada di dalam benteng diserahkan kepada Nabi. Nabi mengambil alih seluruh daerah kekuasaan dan harta kekayaan mereka dan memberikan kebebasan kepada mereka untuk menjalankan agama mereka serta menarik jizyah (pajak) kepada mereka. 

Beberapa waktu setelah keadaan menjadi aman dan setelah perjanjian perdamaian dibuat, Zainab bin Harits istri Sallam bin Misykam menyampaikan hadiah daging domba beracun kepada Muhammad. Ketika ia bersama para sahabat memakan daging itu, tiba-tiba Nabi mernuntahkannya kembali. Tetapi Basyir bin Bara’ salah seorang sahabat Nabi meninggal saat itu juga. Lalu, Zainab dipanggil dan ia pun mengaku. 

Sebenarnya, kesalahan ini cukup menjadi alasan untuk menghukum kaum itu. Tetapi, Nabi masih memiliki harapan mereka dapat berlaku baik terhadap Islam sehingga hanya Zainab sajalah yang dikenakan hukuman mati.

Demikianlah peperangan yang sangat sengit, yang terjadi antara kaum muslimin dengan Yahudi di daerah pertahanan benteng-benteng Yahudi yang sangat kuat dan kokoh. Peperangan ini terjadi pada permulaan tahun ke-7 Hijriah. Pada akhir tahun tersebut, berangkatlah Nabi bersama kaum muslimin ke Mekah untuk melakukan ibadah haji sebagaimana yang telah dijanjikan. 

Biografi Nabi Muhammad selanjutnya bisa dibaca pada postingan yang berjudul : Perang Mu’tah (Biografi Lengkap Rasulullah SAW)

0 komentar:

Post a Comment

Tabir Wanita