Monday 10 October 2016

Kecemburuan Aisyah ra. Terhadap Khadijah ra. (Biografi Khadijah ra.)

Biografi Khadijah ra.
Setelah Khadijah ra. meninggal dunia, Rasulullah saw. menikah dengan Saudah binti Zam’ah ra., kemudian dengan Aisyah ra. Waktu itu, Aisyah sangat mencemburui Khadijah karena Rasulullah saw. sering menyebut dan memujinya. Tentu saja kecemburuan itu diakibatkan oleh kecintaannya yang sangat terhadap Rasulullah saw. 

Diriwayatkan dari Aisyah, dia berkata, “Tidak ada yang aku cemburui di antara para istri Rasulullah saw. kecuali Khadijah, padahal aku tidak pernah bertemu dengannya.” 


Aisyah berkata, “Setiap kali Rasulullah saw. menyembelih kambing, beliau senantiasa berkata, ‘Kirim beberapa bagiannya kepada sahabat-sahabat Khadijah.’ 

Aisyah berkata, ‘Suatu hari aku marah terhadap beliau, lalu aku menyebut: ‘Khadijah’ Beliau berkata, ‘Aku telah diberi rezeki berupa kecintaan kepadanya.’

Diriwayatkan juga dari Aisyah, dia berkata, “Halah binti Khuwailid, saudara wanita Khadijah meminta izin bertemu dengan Rasulullah saw. Mendengar suaranya; Rasulullah saw. teringat dengan suara Khadijah, dan beliau merasa senang dengan kedatangannya. Maka, beliau berkata, ‘Ya Allah, Halah binti Khuwailid.’ 

Aku pun (Aisyah) merasa cemburu dan aku langsung berkata, ‘Mengapa engkau masih mengingat nenek-nenek Quraisy yang telah menghilang ditelan waktu sementara Allah telah menggantinya untukmu dengan yang lebih baik darinya.” 

Masih dari riwayat Aisyah ra. dia berkata, “Aku tidak merasa cemburu terhadap para istri Nabi saw. seperti kecemburuanku terhadap Khadijah yang telah wafat sebelum Rasuluflah saw. menikahiku karena aku seringkali mendengar Rasulullah saw. menyebutnya. Allah memerintahkan kepada beliau untuk memberinya kabar gembira bahwa telah tersedia untuknya sebuah rumah dari emas di surga, dan karena setiap kali Rasulullah saw. menyembelih kambing, beliau selalu memberi beberapa bagiannya kepada sahabat Khadijah.’ 

Dalam sebuah riwayat yang dikeluarkan oleh A1-Bukhari disebutkan, “Seringkali beliau menyembelih kambing, lalu memotong beberapa bagiannya dan mengirimkannya ke beberapa sahabat Khadijah. Seringkali aku (Aisyah ra..) brkata kepadanya, ‘Sepertinya tidak ada wanita lain di dunia ini selain Khadij ah?’ 

Rasulullah saw. menjawab, ‘Sesungguhnya, Khadijah itu dulu seperti ini dan seperti ini, dan aku mendapatkan keturunan darinya.” 

Diriwayatkan juga dari Aisyah, dia berkata, “Setiap kali Rasulullah saw. menyebut Khadijah, beliau selalu memujinya dengan berbagai pujian yang luar biasa.” 

Aisyah berkata, “Suatu hari, aku merasa cemburu, lalu aku berkata, ‘Mengapa engkau sering menyebut wanita berpipi merah itu, padahal Allah telah menggantikannya untukmu dengan yang lebih baik?’ 

Beliau menjawab, ‘Allah telah menggantinya dengan yang lebih baik darinya? Sungguh, dia beriman kepadaku pada saat orang-orang menolakku. Dia membenarkanku ketika orang-orang mendustakanku. Dia mendermakan seluruh hartanya untukku pada saat semua orang menolak membantuku, dan Allah memberiku rezeki darinya berupa keturunan.” 

Diriwayatkan dari Abdullah Al-Bahi bahwa dia berkata, “Aisyah berkata, ‘Dahulu kalau Rasulullah saw. sudah menyebut nama Khadijah, beliau tidak pernah bosan memujinya dan memintakan ampun untuknya. Hingga suatu hari, beliau menyebut namanya sehingga aku merasa cemburu. 

Aku pun berkata kepada beliau, ‘Allah telah mengganti untukmu wanita yang sudah tua itu,’ 

Aisyah berkata, ‘Aku melihat beliau sangat marah mendengarnya sehingga aku merasa sangat ketakutan.’ 

Aku pun berkata dalam hati, ‘Ya Allah, jika engkau hilangkan kemarahan dari utusan-Mu, aku tidak akan mengulang ucapan yang menjelek-jelekkannya.’ 

Ketika Rasulullah saw. melihat aku begitu ketakutan, beliau bersabda, ‘Bagaimana bisa engkau berkata demikian? Demi Allah, dia telah beriman kepadaku ketika semua orang mendustakanku. Dia telah menerimaku ketika semua orang menolakku, dan aku diberi rezeki berupa keturunan darinya.”
Imam Adz-Dzahabi mengatakan, “ini merupakan suatu hal yang luar biasa”. Kecemburuan Aisyah terhadap seorang “wanita tua” yang telah meninggal dunia sebelum Rasulullah saw. Menikahinya -sementara Allah menjaga (Aisyah) untuk tidak cemburu terhadap sejumlah wanita lainyan bersama-sama dengannya menjadi istri Nab saw.- ini merupakan bentuk kelembutan Allah kepada Aisyah dan kepada Nab saw. agar kehidupan keduanya tidak menjadi keruh. Namun, kecemburuan Aisyah dapat diredam oleh kecintaan Nabi terhadapnya dan kecenderungan beliau kepadanya. Semoga Allah meridhainya. 

Di rumah Aisyah sendiri terdapat kemuliaan lain milik Ath-Tahirah Khadijah. Suatu hari, datang seorang wanita tua yang merupakan sahabat Khadijah menemui Rasulullali saw. Beliau pun menerimanya dengan baik dan memuliakannya. Beliau bahkan sempat membentangkan sorbannya dan mempersilakan wanita itu untuk duduk di atasnya. Beliau bertanya tentang keadaannya dan kebutuhannya datang menemui beliau. 

Aisyah berkata ketika keluar menemui mereka, “Wahai Rasulullah, mengapa engkau begitu menghormati wanita hitam ini?” 

Rasulullah saw. menjawab, “Dia dulu pernah bertamu kepada Khadijah. Sesungguhnya, masa itu merupakan masa terbaik dari keimanan.” 

Rangkaian tulisan biografi khadijah yang terakhir bisa dibaca pasa postingan yang berjudul : Perbekalan Menuju Jalan Kesucian (Biografi Khadijah ra.)

0 komentar:

Post a Comment

Tabir Wanita