Saturday 8 October 2016

Lembaran Keputusan Yang Zalim Dan Pemboikotan Umum (Biografi Khadijah ra.)

Biografi Khadijah ra.
Imam Muhammad bin Yusuf Ash-Shalihi Asy-Syami berkata, ‘Al-Aswad, Az-Zuhri, Musa bin Uqbah, dari Ibnu Ishaq menceritakan :
“Waktu itu kaum musyrikin Quraisy telah mengetahui bahwa beberapa sahabat Rasulullah saw. telah pergi ke suatu negeri, yaitu Habasyah dan memperoleh keamanan dan ketenteraman di sana. Di saat yang sama Raja Najasyi, Raja di negeri Hahasyab itu melarang setiap orang yang datang ke sana dari kalangan kaum musyrikin. 


Sementara itu, Umar bin Khaththab telah masuk Islam. Dia adalah seorang pemberani yang tidak pernah merasa takut kepada siapa pun sehingga para sahabat Rasulullah saw. selalu meminta tolong kepadanya dan kepada Hamzah bin Abdul Muththalib, paman Nabi saw. yang telah masuk Islam terlebih dahulu. Dengan kondisi ini, kaum musyrikin Quraisy tidak dapat berbuat apa-apa lagi terhadap mereka. 

Umar dan Hamzah bersama-sama Rasulullah saw. dan para sahabat beliau mulai menyebarkan Islam ke tengah-tengah berbagai kabilah yang ada di sana. Melihat hal itu kaum musyrikin Quraisy bersepakat untuk membunuh Rasulullah saw. dan berkata, “Dia telah merusak anak-anak dan istri kita.” Lalu mereka berkata kepada kaum Rasulullah saw. 

Ambillah diyat (bayaran yang diberikan oleh pembunuh kepada keluarga atau suku orang yang dibunuhnya) yang berlipat ganda dari kami dan hendaklah seseorang dari selain suku Quraisy membunuhnya agar hati kalian menjadi tenteram. Namun kaum Rasulullah saw., yaitu Bani Hasyim menolak hal tersehut, terutama Bani Abdul Muththalib bin Abdu Manaf.” 

Ketika kaum musyrikin Quraisy mengetahui bahwa Rasulullah saw. telah mendapat pembelaan dari kaumnya. Mereka sepakat untuk mengusir beliau dan kaumnya dari Mekah dan menulis sebuah keputusan yang memboikot Bani Hasyim dan Bani Abdul Muththalib bahwa mereka tidak akan menikahi gadis-gadisnya. Juga tidak akan menikahkan gadis-gadis mereka kepada anggota kabilah Bani Hasyim dan Bani Abdul Muththalib. Mereka juga tidak akan melakukan jual-beli, tidak menerirna perjanjian damai, dan tidak akan mengasihani Bani Hasyim dan Bani Abdul Muththalib sampai mereka menyerahkan Rasulullah saw untuk dibunuh. 

Ketika keputusan tersebut mereka sepakati, maka ditulislah di sebuah lembaran, kemudian smua kabilah berjanji untuk menepati keputusan tersebut. Lembaran keputusan itu ditempel di dinding Ka’bah untuk memantapkan hati mereka. Sejak saat itu, para kabilah itu memboikot Bani Hasyim dan Bani Abdul Muththalib dan tidak memberi kesempatan kepada mereka untuk melakukan jual-beli di pasar-pasar. Bahkan, setiap kali datang bahan makanan, lauk-pauk, dan barang dagangan yang lain, mereka langsung memborong habis semuanya dan tidak menyisakan sedikit pun untuk Bani Hasyim dan Bani Abdul Muththalib. 

Mendapat perlakuan seperti itu dari kaum Quraisy, mengadulah mereka kepada Abu Thalib. Semua mendatanginya, baik dari kalangan mukmin maupun kafir. Namun, Abu Lahab menyatakan keluar dari Bani Hasyim dan bergabung dengan kaum Quraisy. 

Pemboikotan semakin menjadi, termasuk pemboikotan terhadap bahan makanan. Setiap kali ada bahan makanan yang masuk ke Mekah, langsung diborong habis dan tidak pernah disisakan untuk dapat dibeli oleh Bani Hasyim dan Bani Ahdul Muththalib. Mereka pun dilanda kelaparan hebat yang membuat mereka mulai memakan daun-daunan dan kulit binatang. 

Terdengar rintihan kelaparan anak-anak dan kaum wanita dari balik kemah mereka. Mereka tidak dapat keluar dari kemah untuk membeli keperluan mereka, kecuali pada bulan-bulan haram. Itu pun mereka beli barang dagangan yang kembali ke Mekah setelah tidak laku dijual di luar kota Mekah. Meski demikian, orang-orang Mekah tetap menjualnya dengan harga yang tinggi sehingga mereka pun tidak sanggup membelinya. 

Waktu itu Hakim bin Hazam adalah orang yang selalu mensuplai gandum kepada bibinya, Khadijah ra. Pernah suatu ketika, dia dipergoki oleh Abu Jahal, lalu dihalang-halangi jalannya. Beruntung ada Abul Bakhtani yang menolongnya hingga dia dapat mengantar gandum ke rumah bibinya itu. 

Abu Thalib sangat mengkhawatirkan Rasulullah saw. Setiap kali malam menjelang dan orang-orang sudah berangkat ke pembaringannya, dia menyuruh Rasulullah saw. untuk tidur di tempat tidur miliknya supaya dia bisa melihat orang-orang yang berniat jahat kepadanya. jika semua orang sudah tidur, dia menyuruh salah satu anaknya atau saudaranya atau keponakannya untuk tidur di tempat tidur Rasulullah saw. dan menyuruh Rasulullah saw. tidur di tempat tidur orang itu. 

Sementara itu, Rasulullah saw. dan kaum muslimin keluar pada setiap musim pasar untuk menemui orang-orang yang berdatangan ke Mekah dan mengajak mereka untuk masuk Islam. 

Ibnu Katsir rahimahullah menceritakan, “Kemudian beberapa kaum dari suku Quraisy berupaya membatalkan keputusan yang tertera di lembaran tersebut. Orang yang memprakarsai hal itu adalah Hisyam bin Amr bin Rabi’ah bin Al-Harits bin Habib bin Jadzimah bin Malik bin Hasal bin Amir bin Lu’ay. Dia pergi ke Muth’im bin Adi dan sekelompok orang Quraisy untuk menceritakan maksudnya itu, maka mereka pun menanggapi usulan itu dengan tanggapan yang positif. 

Pada saat yang sama Rasulullah saw. memberitahukan kepada kaumnya bahwa Allah swt. telah mengirimkan serangga ke lembaran keputusan itu dan memakan semuanya hingga hanya tersisa bagian yang bertuliskan nama Allah swt. Dengan demikian, kembalilah Bani Hasyim dan Bani Abdul Muththalib ke Mekah dan terjadilah perdamaian meski Abu Jahal dan Amr bin Hisyam tidak menyetujuinya. 

Selama pemboikotan terjadi, ibu kita Khadijah ra. senantiasa memberikan dukungan kepada Rasulullah saw. dan ikut menanggung beban atas perilaku kaumnya dengan hati yang sabar. Hingga akhirnya Allah swt. menetapkan ketentuan-Nya dan mengakhiri pemboikotan yang zalim dan menyakitkan, bagaikan pedang yang ditempelkan ke leher-leher orang yang diboikot yang mengimani risalah Muhammad saw. 

Ketika drama pemboikotan berakhir, keluarlah sang wanita suci, Khadijah Ummul Mu’minin ra. dari tempat pemboikotan dengan hati yang luar biasa senang, buah dari kesabarannya untuk terus mengikuti jejak dakwah Rasulullah saw. Seorang istri yang tepercaya; yang berlindung di bawah lindungan keimanan yang hakiki dan kesabaran yang luar biasa. 

Atas keteguhan hati kaum muslimin dalam menghadapi berbagai situasi sulit dan menakutkan itu, Allah mengangkat derajat mereka di akhirat nanti dan menjadikan mereka pemimpin di dunia. Itulah balasan bagi orang yang bersabar dan bersyukur. 

Allah membalas mereka dengan surga yang kekal atas kesabaran mereka menghadapi cobaan. Sebuah ganjaran yang tak ada tandingannya. 

Biografi selanjutnya bisa dilihat pada postingan berjudul :  Allah SWT Menyampaikan Salam Kepada Khadijah ra.

0 komentar:

Post a Comment

Tabir Wanita