Wednesday 28 September 2016

Siapakah Khadijah Binti Khuwailid ? (Biografi Khadijah ra.)

Biografi Khadijah ra.
Dia adalah Ummul Mu’ininin dan wanita paling mulia sepanjang masa. Julukannya Ummul Qasim, binti Khuwailid bin Asad bin Abul ‘Uzza bin Qushay bin Kilab Al-Qurasyiyyah Al-Asadiyah. 

Ibunda bagi putra-putri Rasulullah saw. dan sosok yang paling pertama mengimani dan membenarkan kenabiannya sebelum yang lain. 


Keutamaannya tidak terhingga. Dia adalah sosok wanita yang begitu sempurna. Cerdas, terhormat, mulia, dan tercatat sebagai penghuni surga. Rasulullah saw. senantiasa memujinya dan mengutamakannya di antara Ummul Mu’minin yang lain. Beliau sangat mengagumi sosoknya. Hal ini terlihat dari ucapan Aisyah ra. 

“Tidak ada yang aku cemburui dari wanita seperti aku cemburu kepada Khadijah. Sebab, Rasulullah saw. begitu sering menyebut namanya.” 

Di antara keutamaan Khadijah bagi Rasulullah saw. adalah beliau belum pernah menikah sebelum menikah dengannya. Di samping itu, Khadijah yang banyak memberi keturunan bagi Rasulullah saw. Beliau tidak menikahi wanita lain selama Khadijah masih hidup. Beliau juga tidak pernah mengambil budak hingga akhir hayatnya. 

Beliau sangat kehilangan dengan kepergian Khadijah menghadap sang Khaliq, karena dia adalah pendamping terbaik yang pernah beliau miliki. Khadijah menyerahkan harta kekayaannya kepada beliau untuk kesuksesan dakwah yang beliau lakukan. Sebaliknya, beliau pun rela melakukan perjalanan yang cukup jauh untuk menjalankan perniagaan yang dimiliki oleh Khadijah. 

Menurut Zubair bin Bakar, pada masa Jahiliah Khadijah dijuluki oleh masyarakat dengan julukan “Perempuan Suci”. Ibunya bernama Fatimah binti Za’idah A1-Amiriyah. 

Khadijah sebelumnya telah menikah dengan Abu Halah bin Zirarah At-Tamimy, lalu menikah lagi dengan ‘Atiq bin Abid bin Abdullah bin Umar bin Makhzum, baru kemudian menikah dengan Rasulullah saw. Beliau menjalani bahtera rumah tangga dengannya selama 25 tahun. Usia beliau terpaut 15 tahun lebih muda dibanding Khadij ah. 

Khadijah dilahirkan di Ummul Qura kirak ira 15 tahun sebelum Tahun Gajah

Kelanjutan biorgafi Khadijah ra. bisa dibaca dalam postingan : Melihat Lebih Jauh Kepribadian Khadijah (Biografi Khadijah ra.)

0 komentar:

Post a Comment

Tabir Wanita