Friday 30 September 2016

Pemilik Hati Yang Amat Penyayang (Biografi Khadijah ra.)

Biografi Khadijah ra.
Pada sebuah kesempatn yang dipenuhi oleh cahaya ilahi, Rasulullah saw, berbincang-bincang dengan Khadijah ra. Suara beliau begitu lembut menyentuh hatinya. Pembicaraan beliau yang penuh dengan hikmah memenuhi jiwa Khadijah dengan kebahagiaan yang luar biasa hingga seolah-olah dia terbang oleh kebahagiaan yang merasuk ke dalam jiwanya itu. 


Tiba-tiba salah seorang pembantu Khadijah datang dan berkata, “Halimah bin Abdullah bin Al-Harits As-Sa’diyah datang bertamu.” 

Ketika Rasulullah saw. mendengar nama Halimah As-Sa’diyah, hatinya berdebar penuh kerinduan. Terbayang oleh beliau berbagai kenangan ketika beliau tinggal di tengah-tengah kaum Bani Sa’d dan memperoleh kasih sayang dan air susu ibu di sana. Kenangan masa kecilnya yang tumbuh besar dalam pelukan dan pemeliharaan Halimah. Sebuah kenangan yang sangat indah dan sulit dilupakan. 

Khadijah serta-merta berdiri untuk menyambut Halimah ra. dan mempersilakannya untuk masuk. Setiap kali Rasulullah saw. bercerita kepada Khadijah tentang Halimah, tersirat rasa sayang yang amat dalam. Ketika Rasulullah saw. melihat sosok Halimah, Khadijah mendengar suara lembut Rasulullah saw memanggil, “Ibu... Ibu...” dengan penuh kasih sayang. 

Lalu, Khadijah melihat Rasulullah saw. mengembangkan kainnya untuk sang ibu yang telah menyusuinya. Beliau lalu meraih tangan Halimah dengan penuh kelembutan. Di wajah beliau tampak kehahagiaan yang luar biasa. Matanya berbinar-binar. seolah-olah beliau sedang berada dalam dekapan ibunya, Aminah binti Wahab. 

Dalam pertemuan yang penuh kehangatan antara Rasulullah saw. dan Halimah, beliau bertanya tentang keadaannya. Halimah mengadu kepada Rasulullah saw. tentang kesulitan hidup yang dialaminya dan kekeringan yang menimpa kaum Bani Sa’d sehingga mereka saat ini hidup dalam kemiskinan dan kesempitan hidup yang luar biasa. Rasulullah saw. pun berjanji akan menolongnya. 

Kemudian, Rasulullah saw. menceritakan kepada Khadijah apa yang dialami oleh Ibu yang menyusuinya itu dan kaumnya. Khadijah pun langsung terenyuh mendengarnya dan serta-merta memberikan bantuan kepadanya berupa 40 ekor kambing. Khadijah juga memberinya seekor unta pembawa air minum dan membekalinya dengan perbekalan yang cukup untuk kembali ke perkampungannya. 

Khadijah memang selalu berusaha untuk menjadi dermawan dalam membelanjakan hartanya dalam rangka meraih ridha suaminya Muhammad saw. Beliau pun sangat berterimakasih kepada Khadijah. Lalu berbagai pemberian Khadijah itu pun diserahkan oleh Rasuhillah saw. kepada Halimah, Ibu yang telah menyusui beliau.

Biografi selanjutnya bisa dibaca pada artikel yang berjudul : Keturunan Yang Diberkahi (Biografi Khadijah ra.)

0 komentar:

Post a Comment

Tabir Wanita