Thursday 27 October 2016

Sayap Malaikat Dan Keindahan Malaikat

sayapsayap malaikat, bilik islam
Sayap-sayap Malaikat
Malaikat memiliki sayap-sayap sebagaimana yang telah Allah Ta’ala kabarkan kepada kita. Diantara mereka ada yang memiliki dua pasang sayap, ada yang tiga, ada yang empat, dan ada yang lebih banyak lagi dari itu. Firman Allah :
Artinya: “Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi, yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang Dia kehendaki. Sungguh, Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. “ (QS. aathir: 1) 

Makna dan, “Allah menjadikan mereka sebagai sosok yang bersayap,” yaitu sebagian mereka (Malaikat) memiliki dua pasang sayap, ada yang lebih banyak lagi.

Indahnya Malaikat
Allah Ta’ala menciptakan Malaikat dalam penampakan yang indah dan mulia. Hal ini sebagaimana firman Allah Ta’ala tentang Jibril,
Artinya: “Yang diajarkan kepadanya oleh (Jibril) yang sangat kuat, yang mempunyai keteguhan maka (Jibril itu) menampakkan diri dengan rupa yang asli (rupa yang bagus dan perkasa).” (QS.An-Najm:5-6).

Ibnu ‘Abbas RA, berkata (Dzu Marratin) dalam ayat QS. An-Najm tersebut, yaitu “indah untuk dilihat.” Qatadah RA berkata, “yaitu memiliki postur yang tinggi lebih indah.” Ada pula yang mengatakan (Dzu Marratin), yaitu “yang memiliki kekuatan.” Tidak ada pertentangan di antara pendapat-pendapat tersebut, yaitu lafadz tersebut artinya kuat dan indah untuk dilihat. 

Sesungguhnya manusia juga telah menetapkan bahwa Malaikat itu memliki penampakan yang indah, sebagaimana mereka menetapkan bahwa setan itu memiliki penampakan yang buruk. Oleh karena itu, dapat anda sekalian saksikan bahwa mereka menyerupakan orang yang tampan dengan Malaikat. 

Perhatikan apa yang dikatakan para wanita mengenai Yusuf AS, tatkalah mereka melihatnya.
Allah SWT berfirman :
Artinya: “Maka ketika perempuan itu mendengar cercaan mereka, Ia pun mengundang perempuan-perempuan lain dan disediakannya tempat duduk bagi mereka, dan kepada masing-masing mereka diberikan sebuah pisau (untuk memotong jamuan), kemudian Ia berkata (kepada Yusuf), “Keluarlah (tampakkanlah dirimu) kepada mereka “Ketika perempuan-perempuan itu melihatnya, mereka terpesona kepada (keelokan rupa) nya, dan mereka (tanpa sadar) melukai tangannya sendiri. Seraya berkata,” Maha sempurna Allah ini bukan manusia. ini benar-benar malaikat yang mulia.”(QS. Yusuf:31).

Adakah Keserupaan Bentuk dan Rupa antara Malaikat dan Manusia?

Imam Muslim RA meriwayatkan dalam kitab Shahihnya, demikian juga Imam At-Tirmidzi RA dalam kitab Sunahnya, dan sahabat Jabir Ia mengatakan, Rasulullah SAW bersabda. “Telah diperlihatkan kepadaku para Nabi. Ternyata diantara mereka ada Musa, seolah-olah ia bagian dari orang-orang Kabilah Syam-ah.Dan aku melihat ‘isa bin Maryam, aku melihat ternyata orang yang paling mirip dengannya adalah ‘Urwah bin Mas‘ud. Beliau melanjutkan sabdanya:
Artinya: “Dan aku juga melihat Ibrahim, aku lihat ternyata orang yang paling mirip dengannya adalah sahabat kalian ini (yaitu beliau sendiri). Dan aku juga melihat Jibril, dan aku lihat ternyata orang yang paling mirip dengannya adalah Dihyah. 

Apakah keserupaan ini benar-benar terjadi (secara hakiki) antara rupa Jibril yang sesungguhnya dengan rupa Dihyah al-Kalbi ? Ataukah keserupaan tersebut terjadi disaat malaikat Jibril menampakan diri dengan rupa manusia ? Yang benar adalah yang terakhir (yaitu terjadi disaat Jibril menampakan diri dengan rupa manusia).

0 komentar:

Post a Comment

Tabir Wanita