Tuesday 4 October 2016

Dari Sinilah Awalnya (Biografi Khadijah ra.)

Biografi Khadijah ra.
Muhammad saw. setiap tahunnya selalu pergi meninggalkan kota Mekah untuk menghabiskan bulan Ramadhan di Gua Hira yang berjarak sekitar beberapa mil dari daerah yang penuh hiruk-pikuk. Di puncak sebuah gunung di antara pegunungan yang menaungi Mekah; di sebuah tempat yang jauh dari kebisingan dan hal-hal negatif; di sana hanya ada ketenangan dan kesunyian. Muhammad saw. mempersiapkan bekal untuk malam-malam yang panjang dan menghindar dari kehidupan dunia untuk menghadap kepada Tuhannya dengan hati yang penuh kerinduan. Di gua yang sempit dan tertutup inilah hati Muhammad saw. merenung memikirkan gelombang kehidupan dunia yang penuh dengan fitnah, kerugian, permusuhan, peperangan dan perpecahan. Namun, beliau hanya bisa pasrah, tak tahu harus berbuat apa untuk memperbaikinya. 


Di gua terpencil ini, sosok yang suka melakukan perenungan ini mencoba merenungi kehidupan para utusan Allah terdahulu. Didapatinya mereka tidak serta-merta dapat melakukan perubahan kecuali setelah berjuang untuk itu. 

Di Gua Hira Muhammad saw. beribadah dan mempertajam hatinya, menjernihkan ruhaninya dan bertaqarrub kepada kebenaran serta menjauh dari kebatilan hingga beliau sampai pada derajat kejernihan hati yang dapat membuka celah hal-hal yang gaib. mimpinya pun begitu jelas sejernih pagi yang cerah. 

Di gua ini, Muhammad saw. berinteraksi dengan penguasa jagat raya ini. Sebelumnya padang pasir telah menjadi saksi atas saudara Muhammad saw., dia meninggalkan Mesir untuk melarikan diri, melewati banyak perkampungan untuk memperoleh keamanan dan ketenangan hati bagi dirinya dan kaumnya hingga dia melihat sebersit cahaya dari sisi Wadi Al-Aiman. Ketika dia mencoba mendekatinya, ternyata dia mendengar sebuah seruan suci memenuhi telinganya dan masuk ke dalam hatinya:
“Sesungguhnya, Aku ini adalah Allah, tidak ada tuhan selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku.” (Thaha [20]: 14) 

Semburat cahaya yang keluar dari api itu telah melampaui beberapa abad untuk kembali menyala di sekitar gua tempat seseorang yang sedang bertahannus (memisahkan diri dari keramaian untuk menemukan kebenaran) dan berusaha membersihkan segenap jiwa dan raganya dari kotoran dan keburukan Jahiliah. 

Tapi, cahaya itu bukanlah dalam bentuk api yang menyilaukan orang yang melihatnya, melainkan dalam bentuk sinar wahyu yang penuh berkah, yang langsung menghujam ke dalam hati orang yang pantas menerimanya dalam bentuk ilham dan petunjuk, peneguhan hati dan pertolongan (inayah). 

Tiba- tiba Muhammad saw. terperanjat ketika mendengar suara Malaikat berkata kepadanya, “Bacalah.” Beliau justru balik bertanya, “Apa yang harus kubaca?” 

Tanya-jawab itu terulang beberapa kali hingga akhirnya turunlah beberapa ayat pertama dari A1-Qur’an, “Bacalah dengan nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha Pemurah, Yang mengajarkan dengan perantaraan pena. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.” (A1-A1aq [96]: 1-5

Biografi selanjutnya bisa dibaca pada artikel :  Tegar Berdiri Menghadapi Badai (Biografi Khadijah ra.)

0 komentar:

Post a Comment

Tabir Wanita