Saturday 10 September 2016

Pengertian Beriman Kepada Malaikat Allah SWT

iman kepada malaikat
Meyakini dan mengimani Malaikat Allah merupakan salah satu Rukun iman. Siapa yang tidak meyakini dan mengimani Malaikat Allah. sama halnya dengan tidak beriman kepada Allah. Beriman berarti percaya dengan sungguh-sungguh kepada sesuatu. Beriman kepada Malaikat berarti percaya bahwa Malaikat itu ada meskipun tidak pernah dilihat. Iman kepada Malaikat Allah merupakan rukun iman yang kedua setelah beriman kepada Allah SWT. Dengan meyakini adanya Malaikat iman kita menjadi tebal sehingga dapat menjadi mukmin yang sejati dan berbuat kebaikan. Sebab merasa selalu ada yang mengawasi semua aktivitas sehari-hari kita. 

Adapun Malaikat merupakan makhluk ghaib ciptaan Allah SWT. Yang berasal dari cahaya (nur). Malaikat selalu taat kepada Allah tanpa pernah membantah tugas yang diberikannya. Malaikat selalu bertasbih menyucikan nama Allah SWT. Wujud malaikat adalah ghaib. Ghaib adalah segala sesuatu yang diyakini keadaannya tetapi tidak tampak atau terlihat oleh kasat mata serta tidak dapat ditangkap oleh panca indra.

Makhluk ghaib ini berbeda dengan makhluk nyata yang bisa dilihat oleh mata, seperti manusia, binatang dan tumbuh-tumbuhan. Malaikat tidak berjenis kelamin baik laki-laki maupun perempuan. Malaikat juga mempunyai akal, tetapi oleh Allah tidak diberi hawa nafsu, sehingga tidak mempunyai keinginan, seperti keingmnan  makan dan minum. 

Malaikat tidak pernah berbuat dosa, sehingga termasuk makhluk suci. Jadi untung apabila manusia dapat berperilaku suci sehingga tidak berbuat dosa, seperti para rasul dan Nabi Allah serta umat Allah yang beriman.

Segala tindakan dan gerak gerik kita bahkan ucapan yang keluar dari mulut adalah tidak terlepas dari pengawasan Malaikat, Allah seraya berfiman : “Tiada suatu ucapan pun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat Pengawas yang selalu hadir.” (QS. Qaaf: 18). 

Malaikat adalah makhluk ciptaan Allah SWT. Malaikat termasuk makhluk ciptaan Allah yang gaib yang tidak dapat dilihat, diraba maupun didengar. Walaupun benar-benar ada. Iman kepada malaikat Allah adalah termasuk salah satu rukun iman yang ke 2. Sesungguhnya Iman kepada Malaikat merupakan salah satu prinsip dan pninsip-pninsip Aqidah. Tidak sempurna iman seseorang melainkan dengan beriman kepada para Malaikat. Malaikat merupakan bagian dari alam ghaib yang dengannya Allah memuji orang-orang yang beriman, yaitu mereka yang percaya kepada berita-berita yang telah disampaikan Allah SWT dan Rasul-Nya Nabi SAW. 

Iman kepada Malaikat merupakan rukun kedua dari rukun-rukun Iman. Arti iman pada Malaikat : membenarkan sepenuh hati sesungguhnya Allah SWT mempunyai Malaikat yang diciptakan dari cahaya, mereka tidak bermaksiat kepada Allah SWT pada apa yang Dia perintahkan dan mereka melakukan pada apa yang dipenintahkan oleh Allah SWT kepada mereka.

0 komentar:

Post a Comment

Tabir Wanita