Saturday 3 September 2016

Biografi Al-Karkhi (Pelopor Peradaban Islam)

tokoh islam, bilik islam

AL-KARKHI
(WAFAT ANTARA 410-420 H /1019-1029 M) 

Al-Karkhi adalah salah satu ahli matematika Muslim yang terkenal, dan “salah satu ahli matematika yang termasyhur yang mempunyai pengaruh nyata terhadap perkembangan ilmu matematika.” Tetapi hanya sedikit informasi tentang dirinya yang tersedia. 

Dia adalah Abu Bakar Muhammad lbnu al-Hassan (atau Hussain) al-Hassib al-Karkhi (setelah Karakh, sebuah kota di bagian Baghdad). Dia tinggal di Baghdad pada masa Vizir Abu Ghalib Muhammad Ibnu Khalf Fakhr al-Malik, Menteri Baha’u Dawla al-Bouwayhi. 

Kontribusi Ilmiahnya

Buku-buku Al-Karkhi berisi tentang masa awal dalam sejarah bangsa Arab, penyelesaian tentang persamaan yang tidak menentukan seperti persamaan-persamaan menggunaka metode-metode yang diambil dari De Fuentes.

Al-Karkhi juga muncul dengan beberapa solusi terhadap persamaan-persamaan dua urutan dan mempersembahkan penelitian tentang perkiraan akar pangkat angka-angka dan bukti tentang penemuan total kuadrat dan pangkat tiga dan penomoran alami yang dia hitung.

Karya-karya Besarnya

Kitab “Al-Fakhri fi aI-Jabr” Buku ini disebut al-Fakhri di bawah Fakhr al-Mulk dan sudah dihimpun antara 401 dan 407. 

Smith berkata dalam bukunya yang berjudul History of Mathematics bahwa buku al-Fakhri adalah sebuah warisan yang bernilai dalam ilmu al jabar. Sebuah penerjemahan dilakukan pada tahun 1853 oleh orientalis berkebangsaan Prancis yang bernama Franz Woepcke. 

Al-Kafi fi al-Hissab (Dasar-dasar Kalkulus). Buku ini diterbitkan antara 401 dan 407 dan diberikan sebagai sebuah hadiah kepada Fakhr al-Mulk. Buku ini berhubungan dengan prinsipp rinsip kalkulus yang dikenal pada masa itu sejalan dengan beberapa aturan perubahan dan metode penghitungan untuk memfasilitasi beberapa operasi. Penulis tidak menggunakan penomoran India dalam bukunya melainkan menulisnya dalam surat. Buku ini diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman oleh Hocheim dan diperbaiki dalam tiga volume antara 1878 dan 1880.  

Kitab “AI-Badi’a fi al-Hissab.

0 komentar:

Post a Comment

Tabir Wanita