Monday 12 October 2015

Sunah-Sunah Dalam Shalat

1. Mengangkat kedua tangan ketika takbiratul ihram sampai tinggi ujung jari sejajar dengan telinga, telapak tangan setinggi bahu, keduanya dihadapkan ke kiblat. 

2. Mengangkat kedua tangan ketika akan rukuk, ketika berdiri dan rukuk, dan tatkala berdiri dari tasyahud awal dengan cara yang telah diterangkan pada takbiratul ihram.
Sabda Nabi :
“Dari Ibnu Urnar. Ia berkata, Apabila Nabi Saw. hendak melakukan salat, beliau mengangkat kedua tangannya sehingga keduanya satma tinggi dengan kedua belah bahunya, kemudian baru beliau takbir. Apabila hendak rukuk, beliau mengangkat kedua tangannya seperti demikian; dan apabila bangun dari rukuk, beliau angkat pula kedua tangannya seperti demikian.” (RIWAYAT BUKHARI DAN MUSLIM)

“Beliau tidak rnengangkat kedua tangan ketika bangkit dan sujud, dan tidak pula ketika duduk antara dua sujud.” (RIWAYAT MUSLIM)
 
“Apabila beliau berdiri dan rakaat yang kedua, beliau mengangkat kedwi tangannya”. (RIWAYAT BUKHARI)
3. Meletakkan telapak tangan kanan di atas punggung tangan kiri, dan keduanya diletakkan di bawah dada. Menurut sebagian ulama diletakkan di bawah pusat.
Sabda Nabi :
“Dari Wail bin Hujrin, “Saya telah salat beserta Rasulullah Saw Beliau meletakkan tangan kanan beliau di atas tangan kirinya di atas dada beliau.” (RIWAYAT IBNU KHUZAIMAH)

4. Melihat ke arah tempat sujud, selain pada waktu membaca “Ashadu anlailaha illallah” dalam tasyahud. Ketika itu hendaklah melihat ke telunjuk.
 
5. Membaca doa iftitah sesudah takbiratul ihram, sebelum membaca AI-Fatihah.
Lafaznya :

Hadisnya:
“Abu Hurairah berkata, “Rasulullah Saw apabila telah mengucap takbir dalam salat, beliau diam sebentar sebelurn menibaca Fatihah. Saya bertanya kepada beliau, ‘Wahai Rasulullah, demi ayah dan ibuku yang menjadi tebusanmu, apakah yang engkau baca di antara takbir dan Fatihah?’ Jawab beliau, ‘Saya membaca: Ya Allah, jauhkanlah antara aku dan kesalahanku sebagaimana Engkau telah menjauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, bersihkanlah aku dan kesalahanku sebagaimana kain putih dibersihkan dari kotoran. Ya Allah, basuhlah kesalahanku dengan air es, dan embun’.” (RIWAYAT BUKHARI DAN MUSLIM)

Atau dengan lafaz yang tersebut dalam hadis lain yaitu :


“Aku menghadapkan mukaku ke hadirat yang menjadikan langit dan bumi dengan tunduk menyerahkan diri. Aku bukanlah termasuk orang-orang yang mempersekutukan Allah. Sesungguhnya salatku, ibadatku, hidup dan matiku hanyalah untuk Tuhan semesta alam. Tuhan yang tidak bersekutu bagi-Nya, dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah)” (RIWAYAT MUSLIM)

6. Membaca “a’uzubillahi minasyaitoni rojim” yang artinya “Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk.”(RIWAYAT ABU SA’ID AL-KHUDRI), sebelum membaca bismillah.
Firman Allah Swt.:
“Apabila kamu membaca AI-Qur’an, hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk.” (AN-NAFIL 98)

Diam sebentar sebelum membaca AI-Fatihah dan sesudahnya.
Hadis Nabi : “Dari Samurah, “Nabi Saw. diam sebentar apabila sudah takbir dan apabila sudah selesai dari membaca Al-Fatihah.” (RIWAYAT ABU DAWUD)

7. Membaca amin sehabis membaca Fatihah. Sebelum membaca amin. disunatkafn pula membaca: “robbigh firli”

Kalau Al-Fatihah dibaca dengan suara keras, amin juga demikian. Sebaliknya kalau Al-Fatihah tidak dibaca keras, amin pun tidak.
Sabda Rasulullah Saw.:
“Apabila imam berkata walad-dallin, hendaklah kamu berkata amn. Maka sesungguhnya malaikat berkata amin pula, dan imam juga berkata amin. Maka barang siapa yang sama-sama amifn-nya dengan amin malaikat, diampuni dosanya yang telah lalu.” (RIWAYAT AHMAD DAN NASAI)

“Dari Wail bin Hujrin. la telah mendengar Rasulullah Saw. ketika selesai membaca walad-dallin, beliau membaca rabbig firli ãmin. (RIWAYAI TABRAN1 DAN BAIHAQI)

9. Membaca surat atau ayat Qur’an bagi imam atau orang salat sendiri sesudah membaca Al-Fatihah pada dua rakaat yang pertama (ke-1 dan ke-2) dalam tiap-tiap salat. Surat atau ayat yang dibaca dalam rakaat pertama hendaklah lebih panjang daripada yang dibaca dalam rakaat kedua, dan kedua surat itu hendaklah berurutan sebagaimana urutan dalam Qur’an.
Hadist Nabi : “Dari Abu Qatadah, “Sesungguhnya Nabi Saw. membaca Al-Fatihah dan dua surat pada dua rakaat yang pertama waktu salat Lohor. Pada dua rakaat yang akhir (ke-3 dan ke-4) beliau membaca Al-Fatihah saja; ayat yang beliau baca itu sewaktu-waktu (kadang-kadang) beliau perdengarkan kepada kami; ayat yang beliau baca dalam rakaat pertama lebih panjang daripada yang beliau baca dalam rakaat kedua. Demikian pula pada salat Asar dan pada salat Subuh.” (RIWAYAT BUKHARI DAN MUSLIM)

10. Sunat bagi makmum mendengarkan bacaan imamnya.
Firman Allah Swt.:
“Dan apabila dibacakan Al-Qur’an, maka dengarkanlah baik-baik.” (AL-A’RAF: 204)

Sabda Rasulullah Saw.:
“Apabila kamu salat di belakang saya (mengikuti saya), maka janganlah kamu baca apa-apa selain Ummul-Qur’an (A1-Fatihah) “ (RIWAYAT TIRMIZI)

11. Mengeraskan bacaan pada salat Subuh dan pada dua rakaat yang pertama pada salat Magrib dan Isya, begitu juga salat Jumat, salat Hari Raya, Tarawih, dan Witir dalam bulan Ramadan, beralasan dengan amalan Rasulullah Saw. yang diriwayatkan oleh Bukhari.

12. Takbir tatkala turun dan bangkit, selain ketika bangkit dari rukuk.

13. Ketika bangkit dan rukuk membaca “samiallahu liman hamidah”
 
14. Tatkala i’tidal membaca ”robbana walakal hamdu”
Hadis Nabi : “Dari Ahu Hurairah. Rasulullah Saw. apabila berdiri untuk salat, beliau takbir ketika berdiri, takbir ketika rukuk, kemudian membaca Samiallahu liman hamidah ketika bangkit dari rukuk, lalu membaca rabbana walakalhamdu ketika i‘tidal. Beliau takbir ketika turun akan sujud, kemudian takbir ketika bangun dari sujud, lalu takbir lagi ketika sujud kedua dan ketika bangkit dari sujud. Beliau lakukan demikian pada semua rakaat salat, dan beliau takbir ketika berdiri dari rakaat yang kedua sesudah tasyahud pertama.” (RIWAYAT BUKHARI DAN MUSLIM)

15. Meletakkan dua tapak tangan di atas lutut ketika rukuk. Keterangan yaitu amal Rasulullah Saw. (RIWAYAT BUKHARI DAN MUSLIM)
 
16. Membaca tasbih tiga kali ketika rukuk. Lafaznya “subhana rabbiyal adzimi” yang artinya“Mahasuci Tuhanku Yang Maha Agung.” (Riwayat Muslim)
 
17. Membaca tasbih tiga kali ketika sujud. Lafaznya “subhana rabbiyal a’la” yang artinya “Mahasuci Tuhanku Yang Maha Tinggi.” (RIWAYAT MUSLIM DAN ABU DAWUD)
 
18. Membaca doa ketika duduk antara dua sujud. Lafaznya: “Allahumaghfirli warhamni wajburni wahdini warzukni”
Hadis Nabi : “Dari Ibnu Abbas, “Sesungguhnya Nabi Saw. membaca di antara dua sujud: Ya Allah, ampunilah aku, berilah rahmat kepadaku, cukupilah aku, pimpinlah aku, dan berilah rezeki kepadaku’.” (RIWAYAT TIRMIZI DAN ABU DAWUD)
 
19. Duduk iftirasy (bersimpuh- duduk di atas mata kaki kiri, tapak kaki kanan ditegakkan, ujung jari kaki kanan dihadapkan ke kiblat) pada semua duduk dalam salat, kecuali duduk akhir. Keterangannya yaitu amal Rasutullah Saw. (RIWAYAT TIRMIZI) 

20. Duduk tawarruk di duduk akhir (Seperti iftirasy juga, tetapi tapak kakinya yang kiri dikeluarkan ke sebelah kanan, dan pantatnya sampai ke tanah). Keterangannya adalah amal Rasulullah Saw. (RIWAYAT BUKHARI)

21. Duduk istirahat (sebentar) sesudah sujud kedua sebelum berdiri. Beralasan kepada amal Rasulullah Saw. (RIWAYAT BUKHARI)

22. Bertumpu pada tanah tatkala hendak berdiri dari duduk. Keterangannya amal Rasulullah Saw. (RIWAYAT BUKHARI)

23. Memberi salam yang kedua, hendaklah menoleh ke sebelah kiri sampai pipi yang kiri itu kelihatan dan belakang.
Hadis Nabi “Dari Sa’id bin Abi Waqas. Ia berkata, “Saya lihat Nabi Saw. memberi salam ke kanan dan ke kiri sehingga kelihatan putih pipi beliau.” (RIWAYAT MUSLIM)

24. Ketika memberi salam hendaklah diniatkan memberi salam kepada yang di sebelah kanan dan kirinya, baik terhadap manusia maupun malaikat. Imam memberii salam kepada makmum, dan makmum berniat menjawab salam imam.

0 komentar:

Post a Comment

Tabir Wanita