Sunday 18 October 2015

Asmaul Husna - Al Waahid

Al Waahid artinya Yang Maha Esa Allah mempunyal sifat al Waahid. Al Waahid berarti Allah itu Maha Esa. Allah itu hanya ada satu. Dia tidak beranak dan tidak diperanakkan. Dia tidak mempunyai anak dan juga orang tua. Ia ada dengan sendirinya dan tidak ada yang setara dengan-Nya.

Allah yang menciptakan alam semesta beserta isinya, menggerakkan, memelihara semuanya agar berjalan dengan baik.

Terbitnya matahari dari sebelah timur dan terbenamnya ke sebelah barat begitu juga bulan dan bintang semua berjalan menurut kehendaknya Allah, itu semua menjadi bukti bahwa Allah Maha Esa.

Allah berfirman dalam surat Al lkhlas ayat 1-4 sebagai berikut:
Artinya: “Katakanlah Dia-lah Allah Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia.”

Beriman kepada Allah selain membenarkan ke-Esaan-Nya, kita juga harus melaksanakan segala perintah dan menjauhi larangan-Nya.

Sebagaimana diterangkan dalam sabda Nabi SAW. Berikut:
“Iman itu percaya kepada Allah; kepada malaikat-malaikat Allah; Kitab-kitab-Nya; Rasul-rasul-Nya; Hari akhir; dan percaya pada takdir Allah yang balk maupun yang buruk.” (HR.Muslim)

Diantara tujuan dan fungsi Iman kepada Allah diantaranya adalah :
1. Meyakini akan keesaan Allah sebagai tuhan yang wajib disembah.
2. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan.
3. Menyandarkan diri dan memohon hanya kepada Allah Yang Maha Kuasa.
4. Mentaati dan melaksanakan perintah-penintah Allah dan menjauhi larangan-larangan-NYa
5. Agar mendapatkan keselamatan dan kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.
6. Mempercayai pada yang gaib.

Meneladani kisah nabi
BENCANA UNTUK KAUM A’D

Nabi Hud diutus Allah SWT pada kaum Ad. Ia menyeru pada kaum ‘Ad, “Wahai kaumku: sembahlah Allah Yang Maha Tunggal, karena tiada Tuhan selain Allah.” Namun kaum Ad tak pernah mau mengikuti seruan Nabi Hud As. Mereka terkenal sombong, pandai dan kuat. Mereka pandai membuat bangunan yang kokoh ditempat-tempat yang tinggi.

Mereka gemar berbuat kerusakan, menyiksa tawanan perang, merampok dan menyembah patung-patung berhala. Karena tak juga mau beriman pada Allah SWT, maka akhirnya Allah SWT pun menimpakan bencana mahadahsyat pada kaum ‘Ad. Kaum ‘Ad pun diserang angin kencang selama 8 hari 7 malam secara terus-menerus tiada henti. Tak ada satupun rumah, bangunan dan pohon-pohon yang masih berdiri kokoh. Semuanya tersapu bersih. Akhirnya, kaum ‘Ad pun rusak binasa tak tersisa.

Rangkuman
  1. Rukun iman pertama adalah iman kepada Allah SWT.
  2. Iman artinya percaya. Iman kepada Allah berarti bahwa Allah SWT adalah satu-satunya Tuhan yang wajib disembah.
  3. Beriman kepada Allah, selain membenarkan ke Esaan-Nya, kita juga harus melaksanakan segala perintah dan menjauhi segala larangan-Nya.
  4. Ar Rahman berarti Allah Maha Pengasih. Allah mengasihi semua makhlukNya seperti manusia, binatang, dan lain-lain.
  5. Ar rahiim artinya Yang Maha Penyayang. Allah SWT menyayangi makhlukNya yang taat kepada-Nya, mereka akan mendapatkan pahala yaitu ditempatkan di surga-Nya.
  6. Al Quddus artinya Allah Yang Maha Suci. Berarti Allah tidak memerlukan apa-apa seperti manusia butuhkan untuk hidup.
  7. Asmaul husna berarti nama-nama Allah yang baik dan berjumlah 99 nama.
  8. Al Mu’min artinya Yang Maha Menganugerahkan keamanan. Hanya Allah yang mampu memberikan rasa aman kepada makhluk-Nya.
  9. Al Muhaimin artinya Yang Maha Memelihara. Allah yang mengurus makhluk-Nya dengan memberikan petunjuk Al Qur’anul Karim.
  10. Al Haadi artinya Yang Maha Pemberi Petunjuk. Hanya Allah yang mampu menganugerahkan petunjuk pada makhluk-Nya.
  11. Al Waahid artinya Yang Maha Esa. Allah mempunyai sifat al Waahid. Al Waahid berarti Allah itu Maha Esa. Allah itu hanya ada satu.

0 komentar:

Post a Comment

Tabir Wanita