Friday 4 September 2015

Sunnah-Sunnah Dalam Mandi Serta Jenis Mandi Sunnah

Pada postingan sebelumnya telah dibahas kondisi yang mewajibkan mandi serta syarat rukunnya, dan pada kesempatan kali ini akan membahas sunnah-sunnah dalam mandi dan beberapa mandi yang disunnahkan untuk dilakukan. (Baca Kondisi Yang Mengharuskan Mandi Wajib)

Sunat-sunat mandi
1. Membaca “bismillah” pada permulaan mandi.
2. Berwudu sebelum mandi.
3. Menggosok-gosok seluruh badan dengan tangan.
4. Mendahulukan yang kanan daripada yang kiri.
5. Berturut-turut.

Mandi-mandi sunat
1. Mandi hari Jumat disunatkan bagi orang yang bermaksud akan mengerjakan salat Jumat, agar baunya yang busuk tidak mengganggu orang di sekitar tempat duduknya.
Sabda Rasulullah Saw.:
“Dari Ibnu Umar. Ia berkata, “Rasulullah Saw. telah bersabda, apabila salah seorang hendak pergi salat Jumat, hendaklah ia mandi.”(RIWAYAT MUSLIM)

2. Mandi Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Kurban.

“Dari Fakih bin Sa’di. Sesungguhnya Nabi Saw. mandi pada han Jumat, hari Arafah, Hari Raya Fitri, dan pada Hari Raya Haji. (RIWAYAT ABDULLAH BIN AHMAD)

3. Mandi orang gila apabila ia sembuh dari gilanya, karena ada sangkaan (kemungkinan) ia keluar mani.
4. Mandi tatkala hendak ihram haji atau umrah.
“Dari Zaid bin Sabit. Sesungguhnya Rasulullah Saw. membuka pakaian beliau ketika bendak ihram, dan beliau mandi. (RIWAYAT T1RMIZI)

5. Mandi sehabis memandikan mayat.
Sabda Rasulullah Saw.:
“Barang siapa memandikan mayat, hendaklah ia mandi; dan barang siapa membawa mayat, hendaklah ia berwudu.” (RIWAYAT TIRMIIZI, DIKATAKAN HADIS HASAN)

6. Mandi seorang kafir setelah memeluk agama Islam, sebab ketika beberapa orang sahabat masuk Islam, mereka disuruh Nabi mandi. Menurut hadis:
“Dari Qais bin Asim. Ketika ia masuk Islam, Rasulullah Saw. menyuruhnya mandi dengan air dan daun bidara. (RIWAYAT LIMA AHLI HADIS SELAIN IBNU MAJAH)

Perintah mandi diatas menjadi sunat hukumnya (bukan wajib), karena ada karinah (tanda) yang menunjukkan bukan wajib, yaitu beberapa orang sahabat ketika mereka masuk Islam tidak disuruh mandi oleh Nabi.

Jadi jika para pembaca sedang dalam kondisi diatas, sebaiknya para pembaca melakukan sunnah tersebut, selain membersihkan diri juga sekaligus mendapat pahala sunnah, ini salah satu ibadah yang menyenangkan.

0 komentar:

Post a Comment

Tabir Wanita