Tuesday 25 October 2016

Sebab Timbulnya Golongan Khawarij, Ciri Dan Pokok Ajaran Khawarij

ciri-ciri khawarij, bilik islam
SEBAB-SEBAB TIMBULNYA KHAWARIJ
Para ahli sejarah berbeda pendapat tentang sebab-sebab yang mendasari timbulnya golongan khawanij. Diantara sebab yang paling dominan adalah :
  1. Perbedaan pendapat masalah khilafah, merupakan sebab yang dominan, sebab seseorang tidak berhak menjadi khalifah sebelum memenuhi kreteria yang mereka tentukan.
  2. Permasalah tahkim
  3. Para penguasa yang dinilai kolusi dan nepotisme serta dhalim.
  4. Fanatisme terhadap kelompok atau golongannya sendiri.
  5. Masalah perekonomian seperti kisahnya Dzul Khuwaisirah yang menuduh nabi , tidak berbuat adil dalam membagi harta ghanimah atau rampasan perang.
  6. Semangat keagamaan. (Firaqun Mu’ashirah: 1174-75) 
Melihat pendapat-pendapat tersebut secara umum, berarti bahwa akibat munculnya golongan khawarij adalah sejak terjadinya perang Siffi, yaitu perang saudara yang terjadi antara pengikut Ali bin Abu Thalib sebagai khalifah yang sah, dengan pemberontak yang dipimpin oleh Mu’awiyah.


Peperangan itu diakhiri dengan gencatan senjata, guna untuk mengadakan perundingan antara kedua belah pihak, namun diantara sebagian pengikut Khalifah Ali, tidak setuju dengan gencatan senjata. Mereka keluar dari kelompok Ali bin Abu Thalib dan membuat kelompok sendiri yang disebut KHAWARIJ yaitu orang-orang yang tidak puas dengan kebijakan khalifah Ali bin Abu Thalib . Kelompok khawarij ini ahirnya menentang kelompok Ali dan Mu’awiyah. 

Kaum khawarij menganggap bahwa Ali bin Abu Thalib adalah pemimpin yang tidak tegas dalam mengambil sikap dan keputusan dalam membela kebenaran. Golongan khawanij cepat berkembang dan menyebar ke berbagai wilayah Islam, oposisi dan pengaruhnya mampu meruntuhkan Daulah Umawiyah bagian Timur dan pengaruh Abu Muslim M-Khurasany mampu menggulingkan pemerintahan Mu’awiyah di Persi. 

Golongan khawanj berkembang dan melalang buana kurang lebih selama dua abad lamanya, kemudian pecah menjadi 20 golongan sebelum akhirnya sirna tinggal namanya ditelan zaman dan sampai saat ini golongan tersebut sudah tidak ada lagi.

(baca juga :  Perpecahan Golongan Khawarij - Sempalan Khawarij)

CIRI-CIRI DAN POKOK POKOK AJARAN KIIAWARIJ

Diantara ciri-ciri dan pokok-pokok ajaran khawarij adalah :
  1. Ali bin Abu Thalib, Utsman dan para pengikut perang Jamal dan juga mereka yang setuju dengan adanya perundingan antara Ali dan Mu’awiyah berhukum KAFIR.
  2. Setiap ummat Muhammad yang berbuat dosa besar dan sampai meninggal belum juga bertaubat, mereka mati Kafir dan kekal di dalam Neraka.
  3. Diperbolehkan tidak mengikuti dan tidak mentaati aturan kepala negara (khalifah) yang dhalim dan pengkhianat.
  4. Tidak ada hukum selain yang bersumber dari A1-Qur’an (mereka menolak hadits Nabi saw).
  5. Anak-anak orang kafir yang mati sebelum baligh masuk neraka, karena dihukumi kafir seperti induknya.
  6. Semua dosa adalah besar, tidak ada dosa kecil.
  7. Ibadah termasuk Rukun Iman.
  8. Siti Aisah (istri Rasulullah saw) terkutuk karena ikut perang Jamal melawan Ali bin Abu Thalib.
  9. Ali bin Abu Thalib tidak sah menjadi khalifah setelah tahkim dan lain-lain.

0 komentar:

Post a Comment

Tabir Wanita