Thursday 8 October 2015

Kaum Penyembah Berhala (Kisah Dalam Al-Quran)


Kaum Penyembah Berhala
QS. Asy-Syu’raa’: 105-122, Nuh: 1-28, Al-Ankabut: 14-15, Huud: 25-48

Berabad-abad kemudian, manusia semakin bertambah banyak. Sekelompok manusia mulai menguasai alam semesta tanpa mengingat Allah. Padahal, Allah yang telah menciptakan manusia dan alam semesta ini. Manusia mulai lupa dengan ajaran yang dibawa oleh para Nabi. Mereka
berbuat syirik (menyekutukan Allah) dan lalai dari menyebah Allah.

Allah pun mengutus Nabi Nuh untuk menyerukan kebenaran. Nabi Nuh mengajak agar umatnya kembali kepada Allah dan meninggalkan berhala-berhala yang mereka sembah. Namun, umatnya ternyata begitu ingkar. Mereka lebih suka menyembah patung yang tidak dapat berbuat apa-apa. Mereka percaya, patung-patung itu memiliki kekuatan yang dapat menolong mereka dalam kesulitan.

Kaum Nabi Nuh menamai patung-patung berhala mereka Wadd, Suwa’, Ya’uq, Yaguts, dan Nasr. Nabi Nuh berusaha keras mengajak kaumnya untuk meninggalkan perbuatan syirik dan kembali menyembah Allah. Nabi Nuh juga berusaha mengajarkan mereka untuk berbuat kebaikan dan meninggalkan kemungkaran. Namun, kaumnya tetap menolak, bahkan berbalik mengejek Nabi Nuh.

Nabi Nuh mengajak umatnya untuk menyadari kekuasaan Allah dengan memperhatikan ciptaan-ciptaan-Nya. Lihat saja alam semesta ini dengan langit berikut matahari, bulan, dan bintang-bintang yang menghiasinya. Belum lagi bumi dengan segala kekayaan yang ada di atas dan di bawahnya, serta pergantian siang menjadi malam dan sebaliknya. Semuanya merupakan bukti kekuasaan Allah bagi orang-orang yang mau berpikir.

Nabi Nuh juga memberitakan kepada kaumnya bahwa manusia akan menerima ganjaran atas semua amalannya di dunia. Orang yang berbuat kebaikan akan mendapatkan pahala dan surga sementara orang yang berbuat kejahatan akan mendapat murkadan neraka. Dengan kesabaran yang tinggi, Nabi Nuh tidak bosan-bosan menyampaikan kebenaran walaupun banyak di antara kaumnya yang membangkang. Kadang kala, Nabi Nub berkata dengan penuh kelembutan agar orang-orang mau mengikuti ajakannya. Sekali waktu, beliau juga menyampaikan peringatan dengan kata-kata yang tajam.

Walaupun Nabi Nuh telah berusaha keras, namun sangat sedikit orang yang mau mengikuti ajarannya. Sebagian besar kaumnya yang kembali ke jalan Allah adalah orang-orang miskin. Sedangkan, orang-orang kaya dan para pembesar tidak mempercayai Nabi Nuh.

Mereka yang ingkar berkata kepada Nabi Nuh, “Bukankah engkau hanya manusia biasa yang sama seperti kami? Jika Allah mengirim seorang utusan, pastilah dia seorang malaikat. Kamu hanya pantas diikuti oleh orang-orang yang tidak berguna.”

“Kalau memang agama yang kamu bawa itu benar, kami pasti akan menjadi pengikutmu. Kami lebih pandai dibandingkan denganmu. Aku yakin engkau seorang pendusta,”
ucap pembesar yang lain.

Nabi Nuh pun menjawab, “Apakah kalian mengira aku dapat memaksa kalian mengikuti ajaranku? Aku hanya manusia biasa yang diberi tugas oleh Allah untuk menyampaikan petunjuk-Nya. Jika kalian tidak mau beriman kepada Allah, Allah yang akan memberi peringatan kepada kalian.”

“Wahai Nuh, jika kamu ingin kami mengikutimu, usirlah para pengikutmu yang miskin dan hina. Kami tidak mau disamakan dengan mereka,” ucap salah satu pembesar.

Nabi Nuh menolak permintaan itu, “Agama ini untuk semua orang. Yang akan mendapat ganjaran dari Allah adalah orang-orang yang beriman dengan hati ikhlas. Wahai kaumku, sesungguhnya aku pemberi peringatan dari Allah. Sembahlah Allah, bertakwalah dan taatlah kepada-Nya. Niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosamu dan menangguhkanmu sampai waktu yang ditentukan.”

Nabi Nuh terus-menerus berseru kepada kaumnya selama 950 tahun. Namun, hanya sedikit orang yang mau mengikuti ajarannya. Walaupun begitu, Nabi Nuh tetap sabar. Ia yakin Allah akan selalu menolongnya. Ia tetap berharap suatu saat nanti kaumnya akan bertobat dan menyembah Allah.

Namun, harapan-nya itu kian tipis melihat kaumnya yang terus-menerus menentang ajarannya.

Akhirnya, Nabi Nuh merasa sedih dan menyerahkan perkara tersebut kepada Allah, “Ya Allah, sesungguhnya aku telah menyeru kaumku siang dan malam, namun seruanku justru membuat mereka lari dari kebenaran. Sesungguhnya, setiap kali aku menyeru pada mereka agar Engkau mengampuni mereka, mereka memasukkan anak jari mereka ke dalam telinganya dan menutupkan baju mereka ke muka. Mereka tetap mengingkari dan menyombongkan diri” ucap Nabi Nuh.

Allah pun berfirman, “Sesungguhnya tidak akan ada seorang dari kaummu yang beriman kecuali mereka yang telah beriman lebih dulu, maka janganlah engkau bersedih hati karena apa yang mereka perbuat.”

Setelah mendengarkan firman Allah tersebut, kegundahan Nabi Nuh pun hilang. Nabi Nuh memohon kepada Allah agar memberikan suatu keputusan antara dirinya dan kaumnya yang sesat. serta menyelamatkan pengikut-pengikutnya yang mukmin.

Ya Allah, janganlah Engkau biarkan seorang pun dari orang-orang kafir itu tinggal di muka bumi. Mereka akan berusaha menyesatkan hamba-hamba-Mu yang beriman. Jika Engkau biarkan mereka tinggal, mereka tidak akan melahirkan dan menurunkan selain anak-anak yang berbuat maksiat seperti mereka.”

Allah mengabulkan doa Nabi Nuh. Allah berkehendak untuk menurunkan peringatan bagi kaum Nabi Nuh yang tetap membangkang. Diperintahkanlah Nabi Nuh untuk membuat sebuah kapal. Nabi Nuh pun melaksanakan perintah Allah itu dengan penuh ketaatan.

0 komentar:

Post a Comment

Tabir Wanita