Friday 28 August 2015

Belajar Nama Benda (Kisah Teladan Quran Untuk Anak)


QS. Al-Baqarah: 30-33

Salah satu kelebihan yang diberikan Allah kepada Nabi Adam adalah akal pikiran. Dengan akal pikiran tersebut, Nabi Adam mampu mengetahui mana yang benar dan mana yang salah. Allah mengajarkan pada beliau pekerjaan-pekerjaan sulit sebagai bekalnya untuk menjadi khalifah di bumi. Allah pun mengajarkan kepada Nabi Adam nama-nama benda yang ada di alam semesta.

Lalu, Allah berfirman kepada para malaikat,
“Cobalah sebutkan bagi-Ku nama-nama benda itu, jika kamu benar merasa lebih mengetahui dan lebih mengerti dari Nabi Adam.”

Para malaikat tidak mampu memenuhi permintaan Allah untuk menyebutkan nama-nama benda yang berada di depan mereka. Para malaikat pun mengakui ketidakmampuannya seraya berkata,
“Maha Suci Engkau, Ya Allah.. Tidak ada yang kami keketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami. Sesungguhnya, Engkaulah Yang Maha Mengetahui dan Maha bijaksana.”

Kemudian, Allah memerintahkan kepada Nabi Adam untuk memberitahu nama-nama benda tadi kepada para malaikat. Setelah Nabi Adam melaksanakan perintah Allah, Allah pun berfirman kepada para malaikat, “Bukankah Aku telah katakan kepadamu bahwa Aku mengetahui rahasia langit dan bumi? Aku juga mengetahui apa yang kamu perlihatkan dan apa yang kamu sembunyikan.

Para malaikat pun memuji kebesaran Allah. Mereka tak ragu lagi bahwa manusia memang pantas untuk menjadi khalifah di muka bumi.

0 komentar:

Post a Comment

Tabir Wanita